HTML Fundamental

HTML Fundamental

193
0
SHARE

HTML (HyperText Markup Language) yaitu sebuah bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan struktur konten dari halaman yang berbasis web. Hampir semua website yang kita lihat dibangun menggunakan HTML. Bisa dikatakan bahwa HTML merupakan tulang punggung dalam membangun sebuah halaman website. Oleh karena itu, kita perlu memahami HTML apabila ingin membangun sebuah halaman website.

Seperti apakah HTML ?

Tekan Ctrl + U atau Klik Kanan pada halaman ini kemudian pilih View Page Source. Maka akan muncul halaman baru yang berisi file HTML.

berikut ini adalah contoh kode HTML.

Struktur kode HTML

Dokumen HTML diawali dengan elemen tipe dokumen atau doctype. Doctype digunakan untuk memerintahkan browser merender kode HTML. Pada baris berikutnya ada tag HTML dan tag penutupnya. Didalam elemen HTML terdapat elemen HEAD dan BODY. Elemen HEAD digunakan untuk menuliskan informasi tentang dokumen (meta data). Elemen BODY digunakan untuk menuliskan konten halaman.

Aturan dasar dalam penulisan kode HTML antara lain :

  • Penulisan kode HTML sebaiknya bersarang.
  • Penulisan tag HTML sebaiknya berpasangan (ada tag pembuka dan tag penutup), kecuali untuk single tag.
  • Penulisan tag HTML tidak case sensitive, namun demikian perlu ada standar dalam penulisan kode HTML. Kode HTML biasanya ditulis dengan huruf kecil.
  • HTML mengijinkan penulisan nilai atribut tanpa tanda petik. Untuk nilai atribut yang lebih dari satu kata harus menggunakan tanda petik agar tidak terjadi ambigu. Namun demikian, demi keseragaman, menurut saya menggunakan tanda petik dalam penulisan atribut HTML akan lebih baik.
  • Penulisan komentar dalam kode HTML bisa dilakukan dengan <!– ini adalah komentar  –>

Demikian posting mengenai HTML Fundamental, jangan lupa komentar dan like halaman ini ya… 😀

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih
SHARE
Next articlePerbedaan echo dan print di PHP

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY