Memulai belajar PHP

Memulai belajar PHP

193
0
SHARE

Bagi yang masih awam dengan PHP, tentu akan kesulitan untuk memulai belajar PHP. Pertanyaan yang sering muncul dari para newbie adalah dari mana saya harus memulai belajar PHP?

Belajar PHP pada saat ini tidak lagi sama dengan belajar membuat website. Maksud saya, saat ini untuk membuat website anda tidak perlu belajar PHP. Banyak aplikasi CMS di luar yang dapat anda pakai apabila ingin membuat website. Namun demikian, tentu belajar PHP memiliki nilai lebih apabila kita hanya menggunakan CMS. Dengan belajar PHP kita bisa membuat website atau aplikasi yang belum tentu CMS dapat melakukannya.

Untuk memulai belajar PHP, sebaiknya anda terlebih dahulu memahami HTML dan CSS. Sebab HTML dan CSS merupakan stuktur utama untuk membangun sebuah halaman berbasis web. Setelah anda memahami HTML dan CSS, anda baru dapat melanjutkan untuk belajar PHP.

Setelah memahami HTML dan CSS selanjutnya anda perlu menginstall tools pendukung untuk mendevelop suatu halaman web dengan PHP.  Yang  anda butuhkan adalah :

  1. Browser yang digunakan untuk menampilkan output. Misalnya Mozilla Firefox, Chrome, Safari, dll  .
  2. aplikasi server dan database. Misalnya XAMPP.
  3. editor yang digunakan untuk membuat halaman web. Misalnya Netbeans, Dreamweaver, Notepad ++.

Langkah pertama dalam memulai belajar PHP yaitu download XAMPP di https://www.apachefriends.org/download.html, kemudian install pada komputer anda. Selanjutnya download editor misalnya Netbeans (anda juga harus mendownload JDK agar dapat menginstall Netbeans) di https://netbeans.org/downloads/. Serta install Netbeans pada PC anda.

Bersambung …

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY