Cara membuat fungsi PHP

Cara membuat fungsi PHP

348
0
SHARE

Halo kawan, kita lanjutkan PHP nya ya.. kali ini kita akan membahas fungsi PHP.

Apa itu fungsi ?

fungsi yaitu sebuah blok pernyataan yang dapat digunakan berulang kali. Berikut ini adalah contoh fungsi yang sederhana. dan penggunaannya.


Pada contoh di atas, apabila kita ingin menjumlahkan 2 angka, kita bisa menggunakan fungsi yang telah kita buat tadi, yaitu fungsi penjumlahan(x,y). ‘penjumlahan’ merupakan nama fungsinya, sedangkan x dan y merupakan parameter fungsi penjumlahan.

Fungsi yang kita buat sendiri biasa disebut dengan user defined function. PHP juga menyediakan fungsi fungsi bawaan, diantaranya substr(), date(), ucfirst() dll. Pemakaian fungsi akan sangat membantu kita dalam penulisan kode PHP karena kita bisa menghemat waktu penulisan kode serta kode kita akan terlihat lebih ringkas dan rapi.

Contoh cara membuat fungsi PHP yang lebih kompleks

Pada artikel sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana mendapatkan tanggal pada n hari kebelakang. Selanjutnya kita akan membuat fungsi untuk memudahkan kita dalam pemakaian mktime(). Berikut ini adalah kode untuk membuat fungsi tersebut serta penggunaannya.

Dengan membuat fungsi n_hari_kemarin(), maka kita bisa dengan mudah mengganti parameter $tgl dan $n, kemudian memasukkannya ke dalam fungsi. Cukup mudah bukan…

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY