Menampilkan jam server secara dinamis

Menampilkan jam server secara dinamis

1109
0
SHARE

Beberapa waktu yang lalu, salah satu pembaca blog ini mengajukan request bagaimana cara menampilkan jam pada server secara dinamis. Posting ini merupakan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Untuk dapat menampilkan jam ada 2 metode yaitu :

  1. Menampilkan jam lokal. Artinya jam yang ditampilkan merupakan jam pada komputer client. Kita bisa menggunakan javascript sederhana untuk menampilkan jam lokal.
  2. Menampilkan jam server. Artinya jam yang ditampilkan merupakan jam pada komputer server. Sehingga tidak terkait dengan lokasi zona waktu dan pengaturan jam pada komputer client.

Kali ini kita akan menggunakan cara yang kedua, yaitu menampilkan jam dari server secara dinamis. Yang kita lakukan adalah membuat suatu fungsi java script yang akan memanggil suatu file php pada server yang menampilkan jam. Kita memanggil file php tersebut secara asyncronous setiap detik. Kita membutuhkan dua file php yaitu index.php dan jam.php.

Menampilkan jam server secara dinamis

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat jam server secara dinamis :

Step 1 : Buatlah file jam.php

 Step 2 : Buatlah file index.php

Step 3 : Buka browser anda dan masukkan alamat localhost/namafolderprojectanda/index.php, maka akan tampil jam server secara dinamis seperti berikut.

jam server

Penjelasan :

Perhatikan <div> dengan id=jam. Div tersebut merupakan wadah bagi kita untuk menampilkan jam server secara dinamis. Yang terjadi sebenarnya adalah, kita memanggil file jam.php secara asyncronous setiap 1 detik sekali, sehingga yang tampak seolah-olah jam tersebut bisa berjalan tiap detik. Demikian cara menampilkan jam server secara dinamis menggunakan ajax. Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar dan likenya ya.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY