Mendapatkan tanggal n hari kebelakang dengan PHP

Mendapatkan tanggal n hari kebelakang dengan PHP

1323
0
SHARE

Halo kawan, jumpa lagi…

Kali ini saya akan menulis tentang tanggal php, lebih detailnya cara mendapatkan tanggal n hari kebelakang menggunakan PHP. Selain untuk n hari kebelakang, kode yang akan saya tulis juga dapat digunakan untuk mencari n hari kedepan. 

Sebagai contoh kasus sederhana, misalnya kita membeli tiket kereta api, kita dapat membelinya 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. 90 hari disini tidak sama dengan 3 bulan karena jumlah tanggal pada tiap bulannya tidak sama. Sehingga apabila kita ingin berangkat pada tanggal 12 Desember 2014, maka belum tentu kita sudah dapat membeli tiket pada tanggal 12 September 2014.

Sintaks

Untuk mengetahui tanggal n kebelakang, kita menggunakan fungsi mktime(). Berikut ini adalah sintaks-nya.

 

 

Untuk mendapatkan n hari atau n bulan atau n tahun kita tinggal menambahkan operasi penambahan atau pengurangan pada parameter tanggal, bulan atau tahun. 

Contoh

Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut :

Untuk mendapat hari besok :

 

Untuk mendapatkan hari kemarin


Untuk mendapatkan bulan depan

 

 

Untuk mendapatkan bulan lalu

 

 

Untuk mendapatkan tahun depan

 

 

Untuk mendapatkan tahun lalu


Dengan memperhatikan kode di atas, kita bisa mendapatkan 90 hari sebelum tanggal keberangkatan kereta dengan menggunakan kode sebagai berikut.

 

 

Output : Saturday, 13-Sep-2014.

Jadi kita dapat membeli tiket untuk tanggal 12 Desember 2014 pada tanggal 13 September 2014 (90 hari sebelumnya).

Mudah bukan… Untuk pengembangannya kita dapat membuat fungsi sendiri guna mendapatkan n hari kedepan atau n hari kebelakang, sehingga kode yang kita tulis bisa lebih ringkas. Selain menggunakan PHP, kita juga dapat mendapatkan tanggal n hari kebelakang atau kedepan dengan MYSQL. Selamat mencoba. Jangan lupa komen n like nya ya.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY