Menjalankan Apache dan Membuat Project Netbeans

Menjalankan Apache dan Membuat Project Netbeans

265
0
SHARE

Halo teman, kita lanjutkan lagi belajar PHP nya ya. Pada posting sebelumnya, yaitu memulai belajar php kita telah membahas bagaimana instalasi XAMPP dan Netbeans. Selanjutnya kita akan melanjutkan belajar kita yaitu, membahas apa yang akan dilakukan setelah kita menginstall XAMPP dan Netbeans tersebut.

Menjalankan service apache dan mysql

Baiklah, pertama kita jalankan terlebih dahulu XAMPP Control Panel. Anda dapat melihatnya pada tombol Start, kemudian All Programs, XAMPP for Windows dan XAMPP Control Panel. Maka akan muncul halaman XAMPP Control Panel seperti gambar berikut.

xampp

Selanjutnya Klik Tombol Start pada Modules Apache dan Mysql untuk menjalankan Apache dan Mysql. Tunggu hingga statusnya menjadi running. Anda dapat juga mencentang cek box Svc agar service Apache dan Mysql berjalan otomatis pada saat kita menyalakan PC kita.

Berikutnya adalah buka browser anda, kemudian ketikkan http://localhost/xampp/ , pilih english maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

localhost

Pada menu sebelah kiri terdapat menu phpMyAdmin, silahkan klik menu tersebut maka akan muncul halaman phpMyAdmin sebagai berikut :

phpmyadmin

Untuk mengatur password phpMyAdmin tersebut, masuk ke http://localhost/xampp/ klik Security pada menu sebelah kiti dan masukkan password baru untuk user root mysql. Simpan baik-baik password yang telah anda buat.. Buka kembali ketikkan http://localhost/phpmyadmin/ dan masukkan password yang telah anda buat tersebut untuk masuk kedalam phpMyAdmin.

htdocs

Berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah folder htdocs yang terletak pada C:xampp/htdocs (apabila anda menginstall xampp pada drive C:). Di dalam foder htdocs tersebut file-file program kita akan kita taruh.

Membuat project pada Netbeans

Langkah berikutnya adalah buka Netbeans anda kemudian pilih menu File pada pojok kanan atas, kemudian pilih New Project, maka akan tampil dialog sebagai berikut :

project

Pilih PHP kemudian tekan Next. Masukkan “webku” sebagai nama Project nya kemudian klik Finish. Maka Netbeans akan membuat folder webku di dalam folder htdocs lengkap dengan file projectnya. Pada bagian project Netbeans anda akan melihat Source File dari folder webku.

myweb

Kita telah belajar menjalankan service Apache dan Mysql serta membuat Project pada Netbeans. Untuk Sementara sampai di sini dulu ya.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY