Mendapatkan tanggal n hari kebelakang dengan MYSQL

Mendapatkan tanggal n hari kebelakang dengan MYSQL

321
0
SHARE

Halo kawan… jumpa lagi…. Kalo kemarin kita telah membahas bagaimana mendapatkan n tanggal kebelakang dengan PHP, kali ini kita akan membahas bagaimana mendapatkan n tanggal kebelakang dengan MYSQL.

Apabila anda menggunakan mysql cara untuk mendapatkan n tanggal kebelakang atau n tanggal kedepan sangat mudah. Kita bisa menggunakan perintah DATE_ADD(). Berikut ini adalah contoh penggunaan perintah DATE_ADD() pada mysql untuk mendapatkan tanggal 25 hari kebelakang.

Sangat mudah bukan. Bila anda ingin mendapatkan 25 hari kedepan cukup hilangkan tanda minus pada interval sehingga perintahnya menjadi sebagai berikut :

Dalam kasus kita kemarin yaitu mencari tanggal kapan kita bisa membeli tiket kereta api pada tanggal 12 Desember 2014, maka kita bisa menggunakan perintah :

Maka kita akan mendapatkan tanggal 2014-09-13

Apabila kita menginginkan tanggal tersebut tampil dengan format tertentu, kita bisa menambahkan perintah DATE_FORMAT(). Berikut ini adalah contohnya :

Dalam prakteknya anda dapat menggunakannya untuk menentukan tanggal jatuh tempo atau tanggal masa berlaku. Tentu akan lebih mudah bila anda mengambil data dari database. Bagaimana, sangat mudah bukan… selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih
SHARE
Previous articleMengenal operator PHP
Next articleSelector CSS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY