Mengenal komentar,variable dan tipe data PHP

Mengenal komentar,variable dan tipe data PHP

303
0
SHARE

Baik kawan..setelah kita mengetahui cara menjalankan service apache dan membuat project pada netbeans, berikut ini kita akan mulai mengenal komentar,variable dan tipe data PHP.

Pertama buka netbeans anda, kemudian buka file index.php pada project webku yang kemarin kita buat. hapus isi file index.php, kemudian ketikkan script berikut ini

Kemudian buka browser anda dan masukkan alamat http://localhost/webku/ pada alamat url. Maka akan tampil halaman sebagai berikut :

belajar php

Anda telah membuat file PHP pertama anda. Yah kok Cuma gitu doang… hehe sabar ya. Pelan-pelan dulu.

Penjelasan : 

Pada file index.php kita menuliskan perintah echo (lihat baris 2) yaitu perintah pada PHP yang digunakan untuk mengeluarkan output pada layar. Sehingga tulisan “Hello Word” akan muncul pada browser. Perlu diperhatikan tanda semicolon (;) pada akhir baris 2 digunakan untuk mengakhiri perintah/pernyataan PHP dan sebagai pemisah dengan perintah / pernyataan lainnya. Biasanya pada newbie lupa dengan semicolon ini sehingga script akan mengalami error. Hehe.

Komentar dalam PHP

Pada baris 2 terdapat komentar. Komentar pada PHP ada 2 jenis. Untuk komentar yang satu baris anda dapat menggunakan tanda “//” di depan kalimat komentar anda. Untuk komentar lebih dari satu baris, anda dapat menggunakan “/*” pada awal komentar dan “*/” pada akhir komentar.

Berikut ini adalah contoh komentar dalam PHP

Komentar satu baris :

Komentar lebih dari satu baris :

Tips : Pada netbeans anda dapat memberikan komentar dengan cara memblok kalimat yang ingin dijadikan komentar kemudian tekan Ctrl+Shift+C.

Variabel pada PHP :

Dalam PHP terdapat variabel yaitu nilai yang dapat kita ubah sewaktu waktu. Penulisan variable diawali dengan tanda dolar “$”. Perlu diperhatikan bahwa penulisan variable bersifat case sensitive yang artinya huruf besar dan kecil dibedakan.

Berikut ini contoh variabel dan penggunaannya (ubah isi file index.php menjadi seperti dibawah ini)

Penjelasan :

Pada baris 3, kita membuat variable pesan dengan nilai “Selamat Belajar PHP”, kemudian kita menampilkannya pada baris 6 dengan perintah echo.

Tipe data pada PHP :

Tipe data dalam PHP ada 3 jenis yaitu : integer, double dan string. Beikut ini adalah contoh penulisan variable dengan tipe data yang berbeda (ubah isi file index.php menjadi seperti dibawah ini).


Buka browser anda dan lihat hasilnya.

Penjelasan :

Tipe data integer yaitu bilangan bulat dengan jangkauan kira-kira – 2 milyar s/d 2 milyar

Tipe data double yaitu bilangan yang memiliki bagian pecahan

Tipe data String yaitu teks (kata atau kalimat)

Bagaimana, mudah bukan.. apabila ada pertanyaan jangan segan tulis di kolom komentar ya.

Bersambung ke mengenal operator PHP

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY