8 Tips tentang Excel Shortcuts

8 Tips tentang Excel Shortcuts

382
0
SHARE

Halo kawan… kita jumpa lagi.

Kali ini saya akan berbagi tips tentang excel shortcut. Dengan shortcut ini kita bisa bekerja menggunakan excel dengan lebih cepat dan efisien. Berikut ini tips tentang shortcut excel :

Excel Tips 1 : Mengubah format angka menjadi persen dan currency.

Untuk mengubah format angka menjadi persen pilih cell yang ingin anda ubah formatnya menjadi persen, kemudian tekan CTRL + SHIFT + 5. Logikanya, perhatikan angka 5 dimana terdapat simbol % (Persen).

Untuk mengubah format angka menjadi persen pilih cell yang ingin anda ubah formatnya menjadi persen, kemudian tekan CTRL + SHIFT + 4. Logikanya, perhatikan angka 4 dimana terdapat simbol $ (Dollar) yang merupakan simbol currency.

 

Excel Tips 2 : Mengetahui jumlah angka dengan cepat – SUM() cara cepat

sum excel

Untuk menggunakan SUM() dengan cepat letakkan kursor pada bagian bawah baris cell yang ingin dijumlahkan, kemudian tekan ALT + = terus tekan ENTER.

Pada contoh gambar berikut, letakkan kursor pada cell A5 kemudian tekan ALT + = lalu tekan ENTER

 

Excel Tips 3 : Melompat dari awal kolom ke akhir kolom tabel dengan cepat

Bila kita memiliki tabel dengan jumlah data yang besar, kita dapat memindahkan cursor dari awal kolom ke akhir kolom dengan cepat. Caranya letakkan kursor pada salah satu cell dalam tabel, kemudian tekan CTRL + Panah Bawah, maka anda akan berpindah cell ke baris paling bawah.

Untuk keawal baris tekan CTRL  + Panah Atas, maka anda akan berpindah cell ke baris paling atas.

Untuk berpindah ke kolom paling kanan tekan CTRL + Panah Kanan.

Untuk berpindah ke kolom paling kiri tekan CTRL + Panah Kiri.

Bila anda juga menekan SHIFT maka cell akan ter blok (CTRL + SHIFT + Panah).

 

Excel Tips 4 : Membuat nomor urut dengan cepat

Untuk membuat nomor urut pada excel biasanya kita mengetikkan angka 1 dan 2 pada awal kolom kemudian kita klik n drag ke bawah hingga akhir baris data kita. Bila jumlah barisnya sedikit tidak masalah, namun bila jumlah barisnya banyak tentu merepotkan.

nomor excel

Pada contoh di atas, masukkan angka 1 dan 2 pada awal kolom, kemudian blok angka 1 dan 2 tersebut. Arahkan kursor ke kotak pada pojok kiri bawah angka 2 hingga kursor berubah bentuk menjadi tanda plus, kemudian dobel klik. Maka nomor akan secara otomatis terisi hingga akhir baris.

 

Excel Tips 5 : Berpindah antar worksheets dengan cepat.

Untuk berpindah antar worksheets dengan cepat anda dapat menggunakan tombol CTRL + SHIFT + Page UP atau Page Down. Mudah bukan. Hehe

 

Excel Tips 6 : Menambah atau menghapus cell/baris/kolom dengan cepat

Untuk menambah cell atau baris atau kolom dengan cepat anda dapat menekan tombol CTRL + SHIFT + ‘=’. Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut :

tambah kolom

Pilih cell yang ingin anda masukkan, kemudian tekan ENTER.

Untuk menghapus cell atau baris atau kolom dengan cepat anda dapat menekan tombol CTRL + ‘-‘. Pilih cell yang ingin anda hapus, tekan ENTER.

 

Excel Tips 7 : Menyembunyikan baris atau kolom dengan cepat

Untuk menyembunyikan baris, letakkan cursor pada baris yang ingin anda sembunyikan, kemudian tekan CRTL + 9 (Control + Sembilan)

Untuk menyembunyikan kolom, letakkan cursor pada kolom yang ingin anda sembunyikan, kemudian tekan CRTL + 0 (Control + Nol)

 

Excel Tips 8 : Menggaris teks dengan cepat (Striketrough)

Untuk menggaris teks dengan cepat (striketrough), pilih cell yang terdapat teks yang ingin kita coret, lalu tekan CTRL + 5 (Control + Lima). Maka teks anda akan tercoret.

Demikian tips excel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar dan likenya ya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY