Mencegah klik kanan dan Copy Paste

Mencegah klik kanan dan Copy Paste

265
0
SHARE

Dalam tutorial kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara mencegah klik kanan dan copy pada halaman web anda. Untuk mengamankan isi halaman web kita dari di-copy pengunjung, kita dapat menggunakan dua cara, yaitu :

Mencegah klik kanan

Kita bisa mencegah user melakukan klik kanan dengan cara meambahkan kode javascript berikut ini ke dalam section head (setelah <head> dan/atau sebelum </head>) halaman web anda.

Mencegah Copy Paste

Caranya, kita tambahkan property berikut ini kedalam tag body. Sehingga tag body HTML halaman web kita menjadi seperti di bawah ini.

Dengan menambahkan property ini, kita akan mendapatkan hasil blank pada clipboard meskipun kita menggunakan CTRL+A untuk menyeleksi seluruh teks dan menggunakan CTRL+C untuk men-copy teks.

Demikianlah cara untuk mencegah klik kanan dan mencegah pengunjung melakukan copy paste halaman kita. Perlu diingat pergunakan cara ini dengan bijak, sebab terkadang pengunjung tidak menyukai bila artikel kita bisa dibaca namun tidak bisa dicopy. hehe… Terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY