Membuat validasi form dengan javascript

Membuat validasi form dengan javascript

3756
6
SHARE

Halo kawan jumpa lagi… kali ini kita akan membuat validasi form dengan javascript.

Pada saat membuat form tentu kita akan menerapkan validasi pada data yang diinput oleh user agar sesuai dengan format yang kita kehendaki. Misalnya tidak boleh kosong, harus berupa angka atau harus memiliki jumlah digit tertentu.

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memvalidasi form, salah satunya dan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan javascript.

Cara membuat validasi form dengan javascript

Berikut ini adalah cara membuat validasi form dengan javascript. Pada contoh berikut ini kita akan membuat form untuk inputan NIP dengan aturan wajib diisi, harus berupa angka dan jumlah digitnya harus 18.

Step 1 : Buatlah file validasi.php

Step 2 : Buatlah form pada validasi.php seperti kode berikut ini.

Step 3 : Buatlah kode javascript untuk memvalidasi form yang telah kita buat pada step 2 dan letakkan setelah tag penutup form.

Secara keseluruhan validasi.php adalah sebagai berikut :

Sekarang coba jalankan validasi.php tersebut melalui browser anda dan cobalah untuk mengklik submit button tanpa mengisi input field yang ada, maka akan muncul pesan error dari javascript. Selain menggunakan javascript anda dapat juga membuat validasi form dengan PHP. Cukup mudah bukan.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

6 COMMENTS

  1. min, tolong dong tutorial yg kek gini..
    misal kita cuma ketik”L” doang, pas kita klik oke, yg bakal muncul nanti tulisannya “Laki-laki”.. sedangkan kalo “P” yang bakal muncul “Perempuan”.. tapi kalo kita sembarang buat hasilnya salah.. kira-kira bisa gak min? mksh.

LEAVE A REPLY