Halo kawan jumpa lagi… setelah kemarin kita membuat validasi form dengan dengan javascript, kali ini kita akan membuat validasi form dengan PHP.

Kelebihan validasi menggunakan PHP menurut saya yaitu lebih aman dibandingkan dengan javascript, sebab jika menggunakan validasi javascript, pengguna bisa mematikan javascript pada browser dan validasi tidak akan bekerja. Jika menggunakan PHP, hal tersebut akan lebih sulit dilakukan.

Cara membuat validasi form dengan PHP

Berikut ini adalah cara membuat validasi form dengan PHP. Pada contoh berikut ini kita akan membuat form yang sama dengan validasi javascript yang kemarin kita buat yaitu inputan NIP dengan aturan wajib diisi, harus berupa angka dan jumlah digitnya harus 18.

Step 1 : Buatlah file validasi2.php

Step 2 : Buatlah form pada validasi2.php seperti kode berikut ini.

Step 3 : Buatlah kode PHP untuk memvalidasi form yang telah kita buat pada step 2 dan letakkan sebelum tag pembuka form.

Secara keseluruhan validasi2.php adalah sebagai berikut :

Sekarang coba jalankan validasi2.php tersebut melalui browser anda dan cobalah untuk mengklik submit button tanpa mengisi input field yang ada, maka akan muncul pesan error dari javascript. Coba jua untuk memasukkan huruf pada inputan NIP tersebut. Cukup mudah bukan.