Membuat captcha menggunakan php

Membuat captcha menggunakan php

1099
2
SHARE

Sebelum kita membahas tentang bagaimana membuat captcha image menggunakan php, terlebih dahulu mari kita mengenal apa itu captcha.

Apa itu captcha?

Captcha (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart) adalah tes yang dilakukan oleh suatu aplikasi komputer guna membedakan komputer dan manusia. Pada umumnya captcha berupa gambar huruf atau angka yang didistorsi. Prinsip kerjanya yaitu memberikan tes sederhana. Misalnya menulis kembali angka / huruf yang muncul. Komputer tidak dapat menyelesaikan ujian tersebut, oleh karena itu yang dapat menyelesaikan ujian tersebut dianggap sebagai manusia.

Cara Membuat captcha menggunakan php

Untuk membuat captcha menggunakan php berikut ini adalah langkah-langkahnya.
Step 1 : Buatlah file formulir.php dengan syntaks sbb

Step 2 : Buatlah file captcha_image.php dengan syntaks sbb

Step 3 : Masukkan font arial.ttf (atau font lain yang ingin anda gunakan) kedalam folder project anda. Untuk pengguna Windows, anda dapat mengambil font dari C:\Windows\Fonts kemudian copy dan paste ke C:\xampp\htdocs\folderprojectanda.

Step 4 : Jalankan formulir.php lewat browser dan cobalah form tersebut. Berikut ini adalah screenshot hasilnya.

captcha

DEMO | DOWNLOAD

Anda hanya perlu membuat captcha_image.php sekali dan kemudian anda dapat menggunakan capthca_image.php untuk form yang lain.

Cukup mudah bukan, semoga bermanfaat. Terima kasih. Jangan lupa komentarnya ya. hehe.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

2 COMMENTS

  1. Thank you for your tutorial,
    mw lanjut tanya lagi nih:
    gimana mengaktifkan “action” untuk memproces formnya? karena kalau dilihat script nya setiap submit akan dieksekusi oleh echo selamat datang. sedangkan kita kan perlu memproses action formulir tersebut ke arah script php lainnya? mohon pencerahan.

    • bisa pakai redirect mas.. window.location atau header php. intinya kita tangkap dulu inputan form. pada contoh itu saya hanya menangkap nama menggunakan $_POST[‘nama’], lalu menampilkannya di kalimat selamat datang.

LEAVE A REPLY