Halo kawan..akhirnya ada waktu buat nulis juga.. hehe. Kali ini saya akan menulis sesuatu yang (mungkin) pernah menjadi pertanyaan bagi semua orang yang belajar pemrograman. Yaitu membuat select / dropdown berantai.

select berantai

Jadi misalnya di droddown pertama berisi nama provinsi, kemudian droddown kedua berisi kota dan droddown ketiga berisi kecamatan. Misalnya pengguna memilih provinsi Jawa Barat, maka kota yang muncul pada droddown kedua hanya kota yang ada di jawa barat. Demikian juga misalnya pengguna memilih kota Bandung, maka yang muncul pada droddown kecamatan hanya kecamatan yangย  ada di Bandung.

Membuat dropdown berantai

Biar tidak penasaran baiklah langsung saja kita mulai membuatnya.
Oia lupa, sebelum membuatnya anda memerlukan jquery-1.10.2.min.js dan jquery.chained.min.js (Copyright 2010-2013 Mika Tuupola) – anda dapat mendownloadnya di akhir artikel ini.

Step 1 : Buatlah database dan tabel provinsi, tabel kota dan tabel kecamatan. Kemudian isikan juga data dalam tabel-tabel tersebut. (anda dapat mendownload database di akhir artikel ini).

Step 2 : Buatlah file select.php dengan kode sbb :

Step 3 : Jalankan select.php melalui browser anda dengan mengetikan http://localhost/folderprojectanda/select.php. Bila tidak ada kesalahan akan muncul 3 dropdown seperti gambar di awal artikel ini. Cobalah untuk memilih provinsi, kota dan kecamatan.

Bagaimana mudah bukan. Biar tidak capek nulis ini silahkan di download source code melalui link di bawai ini.

DOWNLOAD

Anda dapat membuat select berantai hingga banyak level. Misalnya dari kecamatan nanti ada dropdown lagi RW, kemudian dropdown RT, nomor rumah dst.. hahaha. Jangan lupa komentarnya ya. Terima kasih telah mengunjungi harviacode.com