Menggunakan code template Netbeans 8.0.1

[video] Menggunakan code template Netbeans 8.0.1

388
1
SHARE

Halo kawan, jumpa lagi. Kali ini saya tidak akan membahas tentang materi yang ringan saja. Yaitu penggunaan code template pada netbeans 8.0.1. Sebenarnya code template juga ada pada netbeans versi sebelum-sebelumnya, namun pada versi 8.0.1 telah disediakan cukup banyak code template bawaan. Jadi kita tidak perlu membuat dan tinggal pakai saja.

Apa itu code template ?

code template merupakan salah satu fitur yang dapat kita gunakan untuk mempercepat penulisan kode program. Cara kerjanya mirip seperti auto text pada Microsoft Word. Pertama kita membuat template kode, kemudian kita menyimpannya dengan kata yang lebih singkat. Saat ingin menampilkan kode tersebut kita tinggal mengetik kata singkatan yang tadi kita buat, kemudian kita tekan tab (atau tombol lain yang kita atur), maka template akan muncul. Sebagai contoh untuk membuat tabel, kita tidak perlu lagi mengetikkan <table><tr><td>… bla bla bla dan seterusnya, namun cukup ketikan ‘tab’ lalu tekan tombol tab, maka template tabel akan muncul.

Kita bisa menambahkan code template buatan kita sendiri, misalnya untuk mengetikkan <?php ?> kita bisa mempersingkatnya dengan ‘php’ lalu tekan tab.

Bagaimana cara membuat code template ?

Pada menu Netbeans, masuk ke menu Tool -> Option ->Editor -> Code Templates.

Pada jendela tersebut terdapat pilihan Bahasa. Untuk membuat code template pada halaman HTML pilih HTML, kemudian masukkan abbreviation (kata singkatan) misalnya a.

Kemudian pada tab Expanded Text masukkan <a href=”${link}”>${cursor}</a>

Pada expanded template on pilih Tab. Klik Apply. Maka code template kita telah jadi dan siap digunakan. Cobalah untuk membuat file HTML kemudian tekan a lalu tekan tombol tab. Lihatlah perubahan yang tejadi. Cukup mudah bukan.. Semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya mengenai code template, anda dapat melihat video berikut ini.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

1 COMMENT

LEAVE A REPLY