Belajar Codeigniter Part I – Download dan Instalasi

Belajar Codeigniter Part I – Download dan Instalasi

551
1
SHARE

Akhirnya setelah banyak sekali permintaan, ane bikin tutortial tentang codeigniter.. hehe

apa itu codeigniter?

Codeigniter adalah framework PHP yang dapat mempercepat proses develop suatu aplikasi / project PHP.

mengapa menggunakan codeigniter?

Banyak sekali framework PHP yang ada misalnya codeigniter, Yii, Laravel, Zend, Symphony dll.. semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menentukan framework mana yang akan anda pakai adalaha hak pribadi anda. Saya sendiri pernah menggunakan Yii, Laravel, Zend dan akhirnya saya lebih menyukai codeigniter karena komunitasnya raksasa. Jadi mau cari apa aja ada.hehe. Selain itu ukuran filenya tidak terlalu besar dan aturan yang ada didalamnya tidak terlalu rigid. Sehingga menurut saya lebih fleksibel digunakan. Disini saya tidak mengatakan framework yang lain tidak bagus ya.. ntar ane dibully para pengguna framework lain. hahaha. Intinya bagi saya framework itu adalah alat. hebat atau tidaknya tergantung yang pakai juga. hehe

Cukup ceritanya langsung saja kita mulai belajar codeigniter.

Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah download Codeigniter pada https://ellislab.com/codeigniter/download

Selanjutnya adalah extract codeigniter tadi dalam folder project anda. Disini saya menggunakan folder project bernama harviacode.

Kemudian buat project PHP pada folder harviacode, sehingga struktur folder kerja anda menjadi seperti berikut ini. (Disini saya menggunakan Netbeans sebagai editornya)

ci_folder
Selanjutnya adalah buka browser anda dan masukkan http://localhost/harviacode/, maka anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut.

welcome_ci
Cukup sampai di sini dulu ya gan.. Kita telah berhasil melakukan instalasi dan membuat project pada Netbeans. Pada artikel berikutnya kita akan berkenalan dengan controller… Terima kasih..

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

1 COMMENT

LEAVE A REPLY