Belajar Codeigniter Part IV – Membuat Layout

Belajar Codeigniter Part IV – Membuat Layout

1366
2
SHARE

Jumpa lagi kawan.. kali ini saya masih melanjutkan seri tutorial Codeigniter yaitu membuat layout. Setelah kemarin kita membahas tentang view, berikutnya adalah membuat layout. Layout merupakan hal yang cukup penting, oleh karena itu saya bahas terlebih dahulu sebelum membahas model.

Membuat layout

Baiklah, langsung saja, untuk lebih memahami layout ikuti langkah-langkah berikut :

Step 1 : Buatlah 2 file php kosong di harviacode/application/views bernama header.php, menu.php, footer.php dan layout.php. Tampilan project anda akan menjadi seperti berikut ini.

layout

Step 2 : Langkah berikut nya adalah buka views user.php, pindahkan baris 1-6 ke header.php, baris ke 9-10 ke footer.php. Sehingga tampilan header.php, user.php dan footer.php masing-masing menjadi seperti berikut ini.

Step 3 : Ubah isi file menu.php menjadi seperti berikut ini.

Step 4 : Ubah isi file layout.php menjadi seperti berikut ini.

Layout kita telah jadi dan siap digunakan.

Penggunaan layout

Untuk penggunaannya pada controller user, ubahlah menjadi seperit berikut ini.

Perhatikan bahwa pada fungsi index controller user, me-load view layout dan mengirimkan data ‘content’ berupa user. Sehingga prosesnya menjadi me load view layout, kemudian layout meload header, footer, menu dan content yang diambil dati variabel content yang dikirim oleh user.

Dengan layout ini, kita tidak perlu membuat header, menu dan footer di masing-masing file. Sehingga jika ada perubahan isi header, menu maupun footer tidak akan menjadi masalah. Bila kita ingin menampilkan view yang lain tinggal mengubah variabel ‘content’ yang dikirim oleh controller.

Demikianlah layout pada codeigniter, silahkan dicoba. Bila ada pertanyaan, saran, kritik, komentar silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY