Belajar Codeigniter Part VII – Insert Data MySQL

Belajar Codeigniter Part VII – Insert Data MySQL

927
2
SHARE

Kita lanjut ya belajar codeigniter nya… setelah tadi kita menampilkan data dari mysql, kini saat nya kita membuat form untuk tambah data mysql.

untuk membuat perintah insert data cukup mudah, berikut ini adalah langkah-langkah nya :

Step 1 : Ubahlah user_model menjadi seperti berikut ini

perintah baris 17 merupakan cara CI untuk insert data. Dengan prosedural kita harus tuliskan insert into bla bla bla… tapi kalo dengan CI cukup seperti itu aja. Kita tidak perlu menyebutkan nama field dan datanya, karena nama field dan data akan diatur oleh controller.

Step 2 : buatlah user_form.php di application/views, kodenya seperti berikut ini.

Step 3 : Ubahlah user controller menjadi seperti berikut ini

pada fungsi tambah, kita hanya menampilkan form dengan data kosong. perlu diperhatikan bahwa kita mengirimkan action form sebab, kita nanti hanya menggunakan satu form untuk tambah dan ubah data.

pada fungsi aksitambah, kita menangkap isi input form dan dikirimkan ke model untuk dimasukkan ke dalam database. Perlu diperhatikan pada variabel data, disini kita menerjemahkan namafield mysql dan nilai yang akan dimasukkan.

Step 4 : Tambahkan link Add pada user view, sehingga tampilan user view menjadi seperti ini.

Step 5 : Jalankan melalui browser dengan mengetikkan http://localhost/harviacode/index.php/user. Kemudian klik link tambah. Cobalah memasukkan data. maka data anda akan masuk ke dalam database.

Berikut ini adalah tampilan user form

user form

dan berikut ini adalah tampilan tabel user

usertabel
Perlu menjadi perhatian bahwa tambah data yang kita buat di atas belum menggunakan validasi. Untuk validasi akan kita bahas di lain kesempatan. Yang menjadi point utama disini adalah kita bisa memasukkan data ke dalam database.

Demikian pemabahasan tentang insert data mysql menggunakan codeigniter. Bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY