Penggunaan Navigation Pane MS Word 2010

Penggunaan Navigation Pane MS Word 2010

2378
0
SHARE

Udah lama banget ne gak bahas MS Word. Para artikel ini saya akan mencoba membahas penggunaan Navigation Pane. Apa itu navigation pane ?

Pada saat kita membuat tulisan di MS Word, misalnya bikin skripsi ataupun buku, tentu kita akan membuat tulisan dengan banyak halaman. Untuk memudahkan navigasi serta pengaturan isi tulisan kita, kita bisa menggunakan navigation pane. Fitur ini ada pada MS Word 2010 dan yang lebih baru.

Untuk lebih menahaminya pertama buka MS Word 2010 anda buatlah heading pada buku yang akan coba kita tulis misalnya sebagai berikut :

navigation pane

Berikutnya adalah ubah daftar heading tersebut sesuai tingkatan headingnya, caranya adalah pilih kata yang akan kita atur, lalu pada tab HOME pilih jenis headingnya

Sehingga tampilan halaman kita sekarang menjadi seperti berikut ini

navigation pane

Berikutnya adalah tambahkan page break pada masing-masing heading dengan cara menekan CTRL+ENTER pada masing-masing awal tulisan heading. Setelah selesai kita akan mendapatkan 14 halaman dengan masing-masing heading di tiap halamannya seperti gambar berikut (zoom 20%) :

 navigation pane

Sekarang klik tab VIEW dan centang pada NAVIGATION PANE.

navigation pane

Anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut

navigation pane

Pada bagian kiri akan muncul navigation pane lengkap dengan heading-heading yang telah kita bentuk tadi. Cobalah untuk klik salah satu dari heading tersebut maka anda akan langsung dibawa ke halaman tempat heading tersebut. Dengan cara ini kita tidak akan susah mengelola tulisan dengan banyak heading. Struktur heading juga akan lebih mudah dibaca.

Yang paling utama kita bisa meng organisir heading tersebut dengan drag n drop. Misalnya kita menginginkan kata pengantar berada di sebelum kata sambutan, cukup dobel klik dan tahan kata pengantar di navigation pane kemudian geser ke atas (di atas kata sambutan), maka secara otomatis halaman kata pengantar akan pindah ke awal dokumen kita. Tentu hal ini sangat bermanfaat bila kita ingin mengorganisir heading dengan jumlah yang banyak.

navigation pane

Gimana, sekarang mudahkan bikin tulisan skripsi atau buku di MS Word.. semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY