Mengubah tampilan 404 error

Mengubah tampilan 404 error

888
2
SHARE

Halo kawan jumpa lagi..kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menangani error document. Saat kita mengakses halaman yang tidak ada maka akan muncul pesan 404 error. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menampilkan pesan error yang kita buat sendiri.

Skenarionya kita akan membuat suatu file php yang akan menampilkan pesan bila pengunjung mengakses halaman yang tidak tersedia. Untuk melakukan hal tersebut kita akan menggunakan file bernama .htaccess

Baiklah berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan :

Step 1 : Buatlah file 404.php (namanya tidak harus 404. Hal ini untuk mempermudah kita mengetahui bahwa file tersebut adalah file 404). Masukkan kode berikut ini :

Step 2 : Buatlah file .htaccess dan masukkan kode berikut ini.

Untuk membuat file .htaccess caranya bukalah notepad, masukkan kode diatas, save as dengan nama .htaccess dan pastika Save As Type nya All Files (*.*).

Sekarang cobalah untuk mengakses suatu halaman yang tidak ada misalnya http://localhost/harviacodeweb/error/tes.php. Maka anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut :

404 error

Banyak sekali design 404 error yang bisa anda gunakan di internet agar tampilan 404 error anda lebih menarik. Silahkan kreasikan sesuai imaginasi anda. hehe

Oia, selain error not found berikut ini adalah error lain yang bisa kita cantumkan di file .htaccess

Baiklah demikilah pembahasan tentang error document. semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com. Jangan lupa komentarnya ya.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

2 COMMENTS

  1. kalo kasusnya file index yang gak ada gimana bang cara manggilnya.
    seperti yang kita tau kalo file index gak ada kan dia memanggil file direktory, dan itu pasti kelihatan semua file yang ada ?

    • walah.. idealnya tiap folder, termasuk root memiliki file index. bisa dibuatkan file index kosong. atau jika tetap tidak menginginkan file index, bisa menggunakan htaccess. masukkan kode Options -Indexes kedalam htaccess. hehe

LEAVE A REPLY