Export data dari mysql ke excel menggunakan PHP

Export data dari mysql ke excel menggunakan PHP

2879
38
SHARE

Pada kesempatan yang lalu kita pernah membahas tentang bagaimana cara import excel ke mysql menggunakan PHP. Kali ini kita akan melakukan sebaliknya yaitu melakukan export data dari mysql ke excel menggunakan PHP.

Terkadang kita memerlukan data dalam format xls agar lebih mudah diolah. Untuk itu kita perlu menyediakan menu export excel untuk tabel yang akan kita olah datanya di excel.

Export data dari mysql ke excel menggunakan PHP

Untuk membuatnya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang kita lakukan untuk membuat ekspor data dari mysql ke excel menggunakan PHP.

Step 1 : Buatlah database ‘harviacode’ dan tabel ‘provinsi’ dengan syntax sebagai berikut :

Step 2 : Buatlah fungsi.php dan masukkan kode sebagai berikut

Step 3 : Buatlah export.php dan masukkan kode berikut

Step 4 : Buatlah index.php dan masukkan kode berikut

Jalankan index.php melalui browser anda dan cobalah klik ‘Export Tabel Provinsi’, maka browser akan mendownload sebuah file xls yang merupakan hasil generate excel dari file export.php. Coba buka hasil download tersebut dengan menggunakan Ms Ecxel. Anda akan mendapatkan data sesuai dengan tabel provinsi di mysql.

export excel

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana export data dari mysql ke excel menggunakan PHP. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

38 COMMENTS

  1. permisi gan ane tanya lagi, hehehe…
    misal ane export date type ke excel, biar bisa jadi format columnya yyyy-mm-dd gimana ya?

    soalnya ketika di eksport, secara otomatis format kolom date jadinya general excel, m/dd/yyyy.
    terima kasih…

  2. gan, ane nanya lagi nih, hehe, ane mau gabungin tips export ini sama paginasi , jadi pas di export itu cuma data yang terfilter search, bukan semua database yang ada.
    misalnya kita search kata sulawesi, nah kan ada beberapa data tuh, nanti yang terexport cuma data yang ke filter itu dan kalo bisa perhalaman, misalnya export pada page 1 ya yang ke export cuma pada page 1, gitu gan.

    terima kasih sebelumnya gan 🙂

  3. gan ane mau nanya nih, kalo nentuin path download nya gimana yah? jadi biar otomatis langsung di folder yang kita inginkan, engga di folder download. makasih 🙂

  4. Terima kasih artikelnya gan …. Tapi karna baru belajar, jadinya banyak error nih …
    Sukses waktu dicoba individual, tanpa ditambah2 …..
    Tapi setelah saya gabungin dg aplikasi yg sudah saya buat, yg sudah cukup banyak … muncul error spt ini :
    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:\xampp\htdocs\head1.php:180) in C:\xampp\htdocs\ide_xls.php on line 21
    Pada file head1.php baris 180 adalah script penampil jam dan tidak ada variabel yang sama dengan script di artikel ini. jika saya block script saya pada baris tsb, selalu menunjuk baris berikutnya. Sedangkan ide_xls.php sama dengan export.php artikel ini, dan saya sesuaikan dg database dan tabel yang saya miliki. Sedangkan eror pada baris 21 (sampai 28), semuanya menunjuk pada bagian header (penulisan header), sehingga aplikasi tidak pernah membuat file excel, namun data hanya muncul di layar saja.
    Mohon petunjuknya gan ….

  5. gan, mau nanya,, kalo data yang ingin kita eksport ke excel adalh data hasil pencarian 2 oeriode gimana ya gan??
    misal pencarian dari tanggal 1 s/d tanggal 2 udah tampil,, trus kita tinggal eksport gitu….
    makasih gan… saya tunggu….

  6. gan mau nanya kalau hasil exportnya bisa gak di rapiin, misal huruf tebal atau cetak border pada tabel kolom excelnya

    • kalo pakai ini cellnya (termasuk lebar kolom) tidak bisa di format. Kalo mw lengkap silahkan menggunakan PHPExcel. Terima kasih..

  7. min gimana kalo saya export tapi nama saat export bisa di ganti terlebih dahulu, jadi tidak sama terus bisa di ganti nama file nya.

  8. min gimana caranya supaya saat export kan nama file excelnya di script sudah di tentukan, saya inginnya agar namanya bisa di ubah ubah sesuai keinginan saat kita export?

  9. min mau tanya, kog file yang saya download dari fungsi export itu, filenya corupt dan tidak bisa di buka, kira kira salah dimana ya,. mohon penjelasannya,.,

    • kalo corrupt, kemungkinan besar 1. ada kesalahan query sql, 2. ada kesalahan pada saat ambil data dari hasil query. Solusinya silahkan dicoba sedikit dulu, misalnya 1 atau 2 kolom dulu, kalo berhasil baru ditambah jumlah kolom yang dieskpor excelnya..

  10. terima kasih tutorialnya,.
    saya mau tanya, misal saya mau export data karyawan beserta fotonya di setiap field nya gimana ya kalau tidak bisa dengan cara ini, gimana ya penerapannya dengan phpexcel, saya ikuti tutorialnya gak berhasil membuat perulangan php mysql nya?

    Terima kasih banyak sebelumnya. Mohon dibalas ya pak, kalau bisa di email ke

    rickysyah06@gmail.com

    cth.

    No. Nama Karyawan Foto
    1 Abdul munculGambarabdul.jpg
    2 Bedul munculGambarBedul.jpg
    dst.

  11. Ghan, aku mau tanya, klau bikin filenya excelnya per group bagaimana?

    misalnya
    Nama Provinsi
    A DKI
    AA DKI
    B JABAR
    BB JABAR
    C JATIM
    CC JATIM

    jadi otomatis langsung bikin 3 file excel, misalnya namafilenya DKI.xls, JABAR.xls, JATIM.xls
    bagaiamana ya ghan? sy coba pake while hasilnya tetep 1 file excel, padahal aq pengennya masing provinsi jadi 3 file excel
    mohon bantuannya,,,
    makasih ghan sebelumnya

LEAVE A REPLY