Menambahkan progress pada import excel ke sql

Menambahkan progress pada import excel ke sql

2019
6
SHARE

Setelah kemarin kita membahas tentang cara import data dari excel ke sql, kali ini kita akan menambahkan progress pada import excel ke sql. Tujuannya yaitu agar pengguna mengetahui berapa data yang telah berhasil disimpan.

Berikut ini adalah screenshot yang akan kita buat.

progress import

Dalam pembahasan ini kita akan menggunakan file yang telah ada, yaitu pada artikel cara import data dari excel ke sql menggunakan PHP. Kita hanya akan melakukan sedikit modifikasi pada file import.php.

Menambahkan progress pada import excel ke sql

Baiklah langsung saja, buka kembali file import.php dan ubahlah sehingga menjadi seperti berikut ini. (atau copy paste kan saja langsung..hehe)

Penjelasan :

1. Pada bagian ini kita memindahkan kode PHP yang semula di atas form, sekarang kita pindahkan ke bagian bawah form. Hal ini bertujuan agar element id bisa dikenali olej javascript yang ada di dalam PHP ini.

2. Tepat dibawah form kita tambahkan dua buah div dengan id “progress” dan “info” yang berfungsi menampilkan progress import. Kedua id ini akan ditampilkan bila tombol submit telah ditekan.

3. kemudian didalam pengulangan for, kita menambahkan penghitungan persentase progress dan menambahkan kode javascript yang akan mengubah innerHTML dari kedua div di atas. Pada langkah inilah kita sebenarnya menampilkan progress.

4. berikutnya adalah menambahkan flush pada baris 84 agar halaman segera dirender oleh browser tanpa menunggu script selesai dibaca.

Pada artikel berikutnya kita akan menambahkan waktu yang diperlukan untuk import data. Sehingga pengguna bisa mengetahui berapa lama data tersebut diimport.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana menambahkan progress pada import excel ke sql. Oia.. pada prinsipnya teknik ini bisa digunakan untuk hal lain karena pada dasarnya kita hanya menghitung pesentase dari proses looping yang dilakukan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

6 COMMENTS

    • time limit di php.ini nya udah ditambah mas? coba buka php.ini di xampp/php menggunakan notepad. CTRL+F ‘max’. tambahkan nilai pada masing masing item max, misalnya MAX UPLOAD dan lain-lain. Jangan lupa restart apachenya setelah melakukan perubahan.

LEAVE A REPLY