Mengenal perbedaan include dan require PHP

Mengenal perbedaan include dan require PHP

325
0
SHARE

Bagi anda programmer PHP pasti sudah hafal denganĀ  include dan require, tapi tahukah anda perbedaan keduanya? bagaimana juga dengan include_once dan require_once?

Berikut ini kita akan membahas tentang perbedaan include dan require PHP.

Perbedaan include dan require PHP

include dan require sama-sama digunakan untuk memanggil file php dari external untuk dimasukkan kedalam kode. cara ini bertujuan agar tidak terjadi penulisan yang berulang-ulang untuk kode yang sama. Misalkan untuk file koneksi ke database, kita cukup membuat satu file dan kita panggil untuk file yang memerlukan koneksi ke database.

Require

Dengan pernyataan ini, kode program akan langsung dihentikan apabila file yang dipanggil tidak ditemukan.

Include

Dengan pernyataan ini, kode program akan tetap dieksekusi hingga selesai meskipun file yang dipanggil tidak ditemukan.

Include_once dan Require_one

Dengan pernyataan ini pemanggilan file hanya akan dilakukan satu kali untuk file yang sama. Kode ini bermanfaat untuk menghindari konflik akibat pemanggilan ulang file. Dengan include_once kode program akan tetap dieksekusi meskipun file tidak ditemukan dan require_one akan menghentikan kode jika file tidak ditemukan.

Verifikasi include / required

Bila kita mengambil data dari URL atau input user kita harus melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemanggilan. Misalnya adalah sbb :

Demikianlah sedikit pembahasan tentang perbedaan include dan require PHP serta penggunaannya. Semoga bermanfaat bagi sahabat harviacode.com. Terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY