Membuat paginasi atau halaman dengan form pencarian

Membuat paginasi atau halaman dengan form pencarian

2669
20
SHARE

Kita lanjut ya… berhubung penulis banyak mendapat permintaan tentang materi ini, saya putuskan untuk menulisnya. Materi yang akan kita bahas yaitu membuat paginasi atau halaman dengan form pencarian.

Materi ini merupakan lanjutan dari artikel membuat paginasi atau halaman PHP Mysql. Masih sama dengan materi awal, halaman ini akan menampilkan data provinsi dalam tabel yang dilengkapi dengan halaman namun ada penambahan form pencarian. User bisa melakukan pencarian provinsi dengan memasukkan kata kunci dalam form pencarian.

Untuk kodenya kita juga akan memakai kode yang lama dimana kita hanya akan melakukan sedikit modifikasi. Baiklah langsung saja kita membuatnya. Oia saya berasumsi anda telah mendownload materi awal ya. hehe

Membuat paginasi atau halaman dengan form pencarian

Step 1 : tambahkan kode berikut diatas tabel

Step 2 : Ubahlah kode antara koneksi baris 14 s.d variabel reload di baris 21..

Step 3 : Sehingga setelah selesai kode anda akan menjadi seperti berikut ini.

Jalankan kembali melalui browser. Hasilnya dapat anda lihat pada link demo berikut ini.

DEMO | DOWNLOAD

Sedikit penjelasan :

Pada Step 1 :
Kita menambahkan form pencarian dimana form pencarian tersebut mengarah ke file index.php. Pada attribute value kita menggunakan $_REQUEST[‘keyword’] untuk menangkap variabel keyword. $_REQUEST mampu menangkap data yang dikirimkan secara GET maupun POST. Pada saat tombol pencarian ditekan keyword akan dikirimkan melalui metode POST namun ketika tombol halaman berikutnya ditekan makan keyword akan diambil secara GET dari URL.

Kita juga menambahkan tombol reset yang hanya akan kita tampilkan jika keyword tidak kosong

Pada Step 2 :
Kita menerapkan variabel reload dan query yang berbeda untuk pencarian atau bukan. Perhatikan pada variabel reload mode pencarian kita juga mengirimkan variabel keyword melalui URL. keyword inilah yang akan ditangkap oleh form pencarian pada step 1. jadi pada saat pencarian kita menggunakan reload pencarian dan query pencarian, saat bukan pencarian kita menggunakan reload dan query biasa.

Di update artikel berikutnya, kita akan menambahkan style yang berbeda pada link paginasi, sehingga kita bisa memiliki pilihan yang lain apabila style paginasi di atas kurang sesuai.

Mudah bukan..selamat mencoba. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

20 COMMENTS

  1. thanks gan, ngebantu bgt.

    oh ya, klo misalnya di action nya mau saya tambah link upload gambar, jadi di setiap data bisa di upload gambar dan lebih dari satu gambar. sama minta kontak WA agan dong gan buat nanya2 klo boleh.

    thanks sebelumnya.

    • bisa gan. prinsipnya sama dengan edit. cm yang muncul form upload. kontak saya ada di halaman hubungi kami gan. terima kasih.

  2. Sebelumnya Terima Kasih untuk tutorialnya gan 🙂 sangat membantu

    saya mau tanya, kalau misalkan saat pencariaan data tidak di temukan, gimana yaa kita munculin pesannnya ?

    • tinggal pakai fungsi if saja mas. if($tcount == 0) { echo ‘data tidak ditemukan’; } else { // tampilkan tabel data hasil pencarian }

    • tinggal ditambahin parameternya aja mas.. contoh : index.php?pagination=true&keyword=$keyword&kategori=$kategori gitu mas. jadi nanti form pencariannya juga mengirimkan kaegori ke URL. lalu dari URL ditangkap dengan $_GET lalu dimasukkan ke dalam query.

    • bisa sih, berarti tinggal ditambahin form aja. nanti isi field form tersebut adalah nomor halaman. ketika diisi manual dan disubmit maka nilainya akan dianggap sebagai nomor halaman sebagaimana yang kita dapatkan dari URL jika menggunakan metode ini.

  3. Terima kasih banyak min tutorialnya 🙂
    Saya mau tanya, misal saya sudah submit form pencarian, lalu saya pindah ke halaman lain, lalu saya klik tombol back, kenapa muncul pesan error form submission ya?
    bagaimana cara mengatasinya? terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY