Mencegah chace browser

Mencegah chace browser

382
0
SHARE

Chacing merupakan hal yang biasa dilakukan oleh browser. Hal ini dilakukan guna meningkatkan akses halaman web. Misalkan anda mengunjungi suatu alamat website, browser akan mengecek apakah alamat tersebut sudah pernah dikunjungi atau belum.

Jika belum pernah dikunjungi, maka browser akan mendownload semua data langsung dari server. Jika sudah pernah dikunjungi maka browser tidak mendowload secara langsung dari server melainkan mengambil data dari chace, dengan syarat halaman yang ada diserver belum diupdate. Hal ini menyebabkan akses halaman web bisa menjadi lebih cepat.

Lalu apa yang perlu kita perhatikan terkait chace ?
Meskipun memiliki tujuan yang baik, fitur ini bisa berdampak buruk bagi halaman yang bersifat sensitif, misalkan halaman yang mengharuskan login untuk aksesnya.

Apabila programmer kurang cermat dalam menulis kode, hal ini bisa menjadi celah keamanan yang serius. Sebagai contoh kadang ada halaman web dimana ketika kita sudah melakukan logout, pengguna masih bisa masuk hanya dengan menekan tombol back pada browser. Bahaya kan…

Mencegah chace browser

Untuk mencegah hal tersebut, kita bisa melakukan pencegahan terhadap browser dalam melakukan chacing. Caranya kita bisa menggunakan fungsi php header(). Berikut ini adalah contohnya :

Tambahkan kode di atas sebelum element body (bisa anda letakkan dalam elemen head). Maka ketika sudah logout anda tidak akan bisa masuk hanya dengan menekan tombol back pada browser. Cukup mudah bukan… silahkan dikomen gan..

Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY