Studi kasus : Sebuah kantor menerbitkan suatu surat keputusan yang memiliki jangka waktu jatuh tempo 90 hari sejak tanggal surat keputusan tersebut.

Pertanyaan : Bagaimana menentukan jatuh tempo skep secara otomatis serta penentuan selisih jatuh tempo dengan tanggal hari ini ?

Menentukan tanggal jatuh tempo dengan MySQL

Pemecahan kasus :

Step 1 : Buat database dengan nama ‘harviacode’ dan sebuah tabel bernama ‘skep’ dengan field (minimal berisi) ‘no_skep’ dan ‘tgl_skep’. Masukkan beberapa contoh data skep dan tanggalnya. Berikut ini adalah SQL yang bisa anda pakai.

Step 2 : Buatlah file index.php sebagai berikut :

Step 3 : Jalankan file index.php melalui browser, maka anda akan mendapatkan hasil sebagai berikut.
jatuh tempo

Penjelasan :
Pada index.php kita akan menampilkan tabel skep dengan penambahan dua kolom baru yaitu kolom jatuh tempo dan selisih jatuh tempo.

Baris 17-18 : Kita melakukan koneksi ke database

Baris 21 : Kita menjalankan query untuk menampilkan data skep, jatuh tempo serta selisih jatuh temponya.
DATE_ADD(tgl_skep, INTERVAL 90 DAY) as jatuh_tempo berfungsi untuk menentukan tgl jatuh tempo, yaitu dengan menambahkan 90 hari sejak tgl_skep.
DATEDIFF(DATE_ADD(tgl_skep, INTERVAL 90 DAY), CURDATE()) as selisih berfungsi untuk menentukan selisih tanggal jatuh tempo dengan tanggal hari ini.

Demikianlah pembahasan tentang cara menentukan tanggal jatuh tempo dengan menggunakan mysql. Mudah bukan, selamat mencoba. Jangan lupa komentarnya ya … hehe