Mengatur preference tampilan halaman web dengan session

Mengatur preference tampilan halaman web dengan session

330
0
SHARE

Hmmm..judulnya panjang ya.. hehe… kali ini kita akan mencoba memanfaatkan sisi lain dari session. Session yang selama ini kita kenal hanya untuk login user, ternyata bisa kita manfaatkan untuk mengatur preference pengguna.

Dalam contoh ini saya mencoba membuat preference tentang ukuran dan jenis font halaman web. Pengguna bisa memilih jenis huruf dan ukuran yang diinginkan kemudian tekan tombol atur. Maka tampilan akan berubah sesuai dengan jenis dan ukuran huruf yang dipilih.

Untuk membuatnya cukup mudah, buatlah file index.php dengan kode berikut ini.

Jalankan melalui browser. Pada file index di atas, kita menyimpan jenis huruf dan ukuran huruf ke dalam session, kemudian memanggil jenis huruf dan ukuran huruf dengan css sesuai jenis dan ukuran yang telah diatur. Pengaturan preference ini akan tersedia selama session masih ada. Untuk pengaturan permanen anda bisa menyimpanannya dalam database atau file khusus.

Preference lain yang bisa anda gunakan misalnya penggunaan bahasa, warna background, dll. Jika anda mau anda bisa mengatur seluruh template dengan preference. hehehe…

Mudah bukan, selamat mencoba semoga bermanfaat. Komentarnya donk… hehe

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY