Hi, ketemu lagi dalam artikel saya yang selanjutnya yaitu membuat fungsi untuk enkrispi dan dekripsi string. Fungsi ini berguna untuk menyembunyikan ID yang di kirimkan melalui form atau link sehingga ID tersebut bukan lagi berbentuk id yang asli tetapi berbentuk seperti kata acak.

Agar lebih memahaminya mari kita praktekkan. Buatlah file dengan nama index.php dengan kode sebagai berikut :

Pada fungsi enkripsi dan dekripsi di atas kita menggunakan base64_encode dan base64_decode serta fungsi urlencode dan urldecode. Dengan demikian hasil enkripsi bisa dikirim melalui URL tanpa ada karakter yang menggangu URL. Bila anda perhatikan pada kedua fungsi di atas, terdapat variabel kunci yang berfungsi untuk mengacak string. Kunci antara fungsi enkripsi dan dekripsi harus sama agar fungsi tersebut bisa bekerja.

Fungsi ini dapat digunakan untuk menyembunyi id pada form inputan sehingga script anda akan menjadi aman karena yang ditampilkan bukanlah id dalam database tetapi sudah dalam bentuk salt atau acak, sekian dari saya selebihnya saya mohon maaf, salam. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com.