Menambahkan kolom nomor urut pada ajax datatables

Menambahkan kolom nomor urut pada ajax datatables

971
2
SHARE

Setelah artikel sebelumnya kita membuat datatables dengan ajax datatables, kali ini kita akan menambahkan kolom nomor urut pada tabel provinsi yang telah kita buat. Menambahkan kolom nomor urut memerlukan sedikit trik, namun bila anda telah mengetahui caranya, ternyata cukup mudah. Untuk menambahkan kolom nomor urut, kita hanya perlu melakukan sedikit perubahan pada file index.php.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
Step 1 : Kita tambahkan satu element th pada tabel kita

Step 2 : Kita ubah order dan kita tambahkan satu kolom dengan data null pada javascriptnya

Step 3 : Kita masukkan nilai nomor urut kedalam kolom pertama dengan javascript sebagai berikut (setelah kita panggil fungsi datatables)

Step 4 : Hasil akhir index.php akan menjadi seperti ini

Jalankan kembali melalui browser dan lihat perubahanya. Maka akan muncul kolom baru dengan nomor urut di dalamnya seperti screenshot di awal artikel ini. Mudah bukan.. hehe. Pada artikel berikutnya kita akan menambahkan link edit dan link hapus pada masing-masing baris tabel. Selamat mencoba, jangan lupa komentarnya ya.. terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

2 COMMENTS

  1. mass harviacode tutorial nya bagus bangett.. . boleh ga mas minta penjelasannya pas di bagian pembuatan no urut pake javascript itu . sebelumnya makasih banyak mas.

    • makasih mas Said. untuk penambahan nomor urut tersebut pada intinya kita menangkap index dari node datatables, kemudian kita tambahkan 1. lalu dengan innerHTML kita masukan nilai nomor urut tersebut kedalam kolom. demikian mas.

LEAVE A REPLY