Menambahkan link edit dan delete dalam ajax datatables

Menambahkan link edit dan delete dalam ajax datatables

1381
5
SHARE

Hmm… akhirnya sampai juga di pembahasan ini. Setelah kita berhasil membuat datatables secara ajax dan menambahkan nomor urut dalam datatables, kini giliran kita untuk menambahkan link edit dan link delete. Link ini ini akan berada pada masing-masing baris tabel dan akan mengirimkan id ke file edit dan file delete.

Baiklah biar tidak penasaran langsung saja kita membuatnya…

Kita masih menggunakan file yang sama dengan artikel menambahkan kolom nomor urut pada ajax datatables. Kita hanya melakukan sedikit perubahan pada file index.php. Berikut ini adalah tahapan perubahnnya :

Step 1 : Kita menambahkan kolom pada elemen thead sebagai berikut

Step 2 : Kita menambahkan kolom untuk link edit dan delete dengan menggunakan javascript. Berikut ini adalah kodenya

Hasil akhir dari index.php adalah sebagai berikut.

Jalankan kembali file index melalui browser dan lihatlah perubahannya. Akan ada kolom baru yang berisi link edit dan delete. Pada masing-masing link tersebut juga terdapat id yang akan kita gunakan untuk dasar edit dan delete data.

Demikianlah pembahasan tentang menambahkan link edit dan delete dalam datatables. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya ya… Jangan lupa komentarnya.

5 COMMENTS

  1. pak jumpa lg,setelah pertanyaan panjang yg sebelah…. hehe

    untuk edit php nya gmn pak?? khususnya pny saya, menampilkan detil, dan sy pake modal seperti dalam “menampilkan modal bootsrap secara dinamis”… bgmn javascriptnya untuk parsing data json tsb ke tabel,per kolom ,per baris…..

    terima kasih pak… 🙂

  2. maaf pa . klo misalkan tabel pada database ada field tanggal dengan type data date , itu gmna cara nya merubah tanggal tersebut ke indo sehingga ketika tampil sudah berbentuk tanggal indonesia. terimaksih sebelumnya..

    • saran saya, dari pada menggunakan ajax datatable, lebih baik gunakan serverside datatable di sini. nanti untuk mengubah tanggalnya pakai
      ‘formatter’ => function( $d ) {
      return tglindo($d);
      }
      dengan catatan tglindo adalah fungsi yang kita buat sendiri untuk mengubah format tanggal ke tanggal indonesia.

LEAVE A REPLY