Mengenal variabel double / multi dollar PHP

Mengenal variabel double / multi dollar PHP

313
1
SHARE

Bagi anda yang telah lama mengenal PHP, tentu anda sudah akrab dengan yang namanya variabel. Bila anda diminta membuat suatu variabel tentu anda akan menuliskan tanda dolar diikuti dengan nama variabel dan nilai variabel. Tapi pernahkah anda melihat variabel dengan tanda dollar lebih dari satu ?

Berikut ini adalah contoh A :

Bila kita echo $a maka akan muncul ‘Harvia’, namun apa yang terjadi bila kita echo $$a? error atau kosong atau apa ? hehehe bingung ya?

Pada Contoh A di atas jawabannya adalah akan muncul ‘Code’. Double dollar disebut juga dengan variabel variabel atau variabel dinamis. Proses kerjanya variabel $a bernilai Harvia, ketika dipanggil $$a maka akan dimunculkan variabel $a, kemudian akan merefer ke variabel dengan nama sama dengan nilainya yaitu variabel $Harvia, maka muncullah ‘Code’.

Berikut ini adalah contoh multi dollar PHP (Contoh B)

Pada contoh B diatas jawabanya adalah ‘PHP’. Prosesnya $a akan merujuk ke Harvia, $Harvia akan merujuk ke $Code dst… Hingga tampilah ‘PHP’.

Sekarang bagaimana bila kita balik seperti ini (Contoh C)

Jawaban atas contoh C diatas adalah ‘Code’. Prosesnya ketika kita panggil $Harvia, Harvia = $a, maka sama dengan kita menampilkan ${$a}, dimana $$a = Code, maka akan muncul ‘Code’.

Perlu diperhatikan bahwa penulisan variabel case sensitive. Demikianlah variabel dengan double atau mutli dollar pada PHP. Semoga bermanfaat, Terima kasih…

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih