Grab Kurs dari website BKF dengan CURL php

Grab Kurs dari website BKF dengan CURL php

859
6
SHARE

Hmmm apa lagi itu ? Saya memiliki website dan ingin menampilkan data kurs yang selalu update, gimana caranya? kita bisa saja membuat tabel kurs dan menginput datanya sendiri, tetapi kita bisa mengambil datanya langsung dari website Badan Kebijakan Fiskal tanpa membuat tabel sendiri. Saya mengistilahkan-nya dengan grab kurs dari website BKF.

DEMO

Mengapa tidak menggunakan frame aja? Bisa sih, tapi kelemahannya bila menggunakan frame akan repot dalam mengatur css agar sesuai template yang kita gunakan.

Baiklah, dalam tutorial ini kita akan mengunakan ekstensi curl PHP. Tahapan yang perlu kita lakukan yaitu :
1. Membuat form guna pencarian tanggal kurs
2. Membuat fungsi grabCurl untuk mengambil data dari website BKF
3. Mengolah string hasil grab agar sesuai dengan format yang kita mau
4. Kita tampilkan hasil olahan string tersebut.

Catatan :
1. Anda harus mengaktifkan extensi ;extension=php_curl.dll di php.ini, caranya hilangkan tanda semicolon nya, lalu restart apache anda.
2. Kita akan menggunakan bootstrap 3 sebagai css nya.

Selanjutnya tuliskan kode sebagai berikut :

Jalankan kode tersebut melalui browser dan lihatlah hasilnya, maka anda telah memiliki daftar kurs dengan data sesuai dengan website BKF. Anda tidak perlu lagi mengelola data kurs sendiri. Tampilan juga bisa anda sesuaikan sesuka hati.

Mudah bukan, selamat mencoba, semoga bermanfaat. Jangan lupa like, share dan comment ya. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

6 COMMENTS

    • hahaha.. iya format BKF udah berubah, tinggal disesuaikan sendiri ya. intinya ambil string nya lalu di potong2 sesuai kebutuhan. kebetulan IP harviacode juga di blok dari server BKF. jadi tidak bisa ambil data lagi dari server harviacode.com hehehe

    • itu tidak bisa cz alamat URL nya berubah mas.. silahkan sesuaikan alamat URL nya lalu sesuaikan juga string2 HTML hasil grab nya. Kalo dari harviacode sudah tidak bisa karena IP harviacode sudah di blokir sama BKF hehehe

LEAVE A REPLY