Membuat dropdown dari database pada Codeigniter 3

Membuat dropdown dari database pada Codeigniter 3

3871
29
SHARE

Baru saja ada request untuk membuat artikel tentang cara membuat dropdown dari database pada Codeigniter 3. Mumpung ada waktu saya buatkan. hehe..

Baiklah, langsung saja, skenarionnya kita memliki tabel provinsi yang akan di jadikan dropdown. Dalam tabel provinsi tersebut terdapat dua field yaitu id_provinsi (sebagai value option) dan provinsi (sebagai label option).

Untuk membuatnya pertama kita buat model seperti berikut ini. Disini yang perlu mendapat perhatian bahwa kita harus menyesuaikan output sesuai dengan yang telah ditentukan untuk form_dropdown() pada form helper.

Kemudian controllernya sebagai berikut. Pada controller kita memerlukan form helper guna menampilkan dropdown di view.

Lalu view nya adalah sebagai berikut. Dalam view kita menggunakan select2 agar dropdown lebih mudah digunakan. Anda bisa membaca tentang select2 di sini.

Selesai.

dropdown codeigniter dari database

Jalankan melalui browser anda dan anda akan mendapatkan tampilan seperti screenshot di atas. Sangat mudah bukan. Selamat mencoba. Jangan lupa dilike dan dishare ya. Terima kasih. 😀

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

29 COMMENTS

  1. gan kl misal dropdown nya dlihta dari parameter bagaimnana?

    jadi di dropdown nanti saat klik anchor id = 1, maka dropdownnya hanya memunculkan id=1 aja
    id =1 , harga murah, id=1, harga sedang, dan id=1 harga mahal. jadi saat di klik akan menyesuaikan parameternya…. mohon bantuannya, terimakasih

  2. hello harvia, ini ada permintaan untuk dependent dropdown dari ane, yang d contoh itu kan dropdown data propinsi, bagaimana dengan data kota, data kecamatan, data kelurahan, namun setelah data di kondisikan terlebih dahulu.. moga2 nangkep maksud ane, terimakasih

  3. cepet amat, udah ada contoh’y lagi buat yg checkbox, mantaf. ini mau berbagi contoh cahinned dropdown degan ci3, dibantu oleh hariva di artikel chainned.js (dropdown berantai), ane cuma mindahin ke Codeigniter 3 aja, namun bagi2 ilmu juga untuk struktur versi ane.

    ci3_chainned_dropdown jgn lupa config database, harap disesuaikan.

    mungkin mimin bisa bantu lagi nih mindahin ke form_helper dropdown CI untuk chainned dropdown ini, ane coba buat helper dropdown function chainned_dropdown tapi ga nemu titik terang untuk jquery.chainned.js ini, hoho..

  4. mau berbagi contoh cahinned dropdown degan ci3, dibantu oleh hariva di artikel chainned.js (dropdown berantai), ane cuma mindahin ke Codeigniter 3 aja, namun bagi2 ilmu juga untuk struktur versi ane.

    ci3_chainned_dropdown jgn lupa config database, harap disesuaikan.

    mungkin mimin bisa bantu2, mindahin ke CI form_helper dropdown untuk chainned dropdown ini, ane coba buat helper dropdown function chainned_dropdown tapi ga nemu titik terang untuk jquery.chainned.js ini, hoho.

    • sesuikan controllernya mas

      ‘provinsi_selected’ => $this->input->post(‘provinsi’) ? $this->input->post(‘provinsi’) : $row->provinsi,

      dimana $row = $this->model_anda->get_by_id(‘id’);

      gitu aja mas…

  5. bos punya ane ga bisa nyimpan, dari yang generator harvia ane oprek, minta solusinya gan, terima kasih!!!
    terus pas update ga bisa mohon pencerahan!!!!!

        • langkah mengeceknya gini mas Bambang.
          1. pastikan value dari dropdown tertangkap oleh $_POST. caranya echo atau var_dump $POST[‘nameselectnya’].
          2. jika pada langkah 1 tidak ada nilainya, berarti kesalahan ada di dropdown. cek kembali model nya. pastikan pada bagian foreach nama field untuk valuenya sama dengan di table.
          3. jika pada langkah 1 ada nilainya, berarti kesalahan saat query insert ke database. periksa kembali query insertnya.

LEAVE A REPLY