Apa itu? hehe.. judulnya mungkin memang membingungkan karena saya sendiri juga belum tahu apa istilah untuk input model seperti ini :D. Saya menamakannya lookup.

DEMO | DOWNLOAD

Sebenarnya saya pernah mengulas topik yang sama beberapa bulan yang lalu di sini. Namun pada waktu itu kita belum menggunakan modal bootstrap. Kali ini kita akan menggunakan modal bootstrap dan menggabungkannya dengan datatables.

Prinsipnya sederhana sebenarnya, yaitu kita memiliki form dengan tombol lookup. Bila kita tekan tombol tersebut akan muncul modal yang berisi tabel data. Bila kita klik salah satu baris pada tabel tersebut, data yang terpilih akan masuk ke form.

Lookup ini sangat ampuh untuk menggantikan select. Bila data anda mencapai ribuan atau lebih sebaiknya anda menggunakan lookup ini daripada menggunakan select.

Berikut ini adalah kodenya

Untuk penerapan menggunakan codeigniter tinggal menyesuaikan data untuk lookup. Selebihnya tidak ada yang berubah. Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare dan di like ya. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com.