STOP ! : Kode pada artikel ini sudah diupdate disini

Dapat request lagi ne.. kali ini kita akan membahas tentang cara menampilkan serverside datatables. Bila anda mengikuti harviacode.com, pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara menampilkan serverside datatables, menambahkan nomor urut dan menambahkan link edit dan delete namun secara prosedural.

Berikut ini adalah implementasinya bila menggunakan codeigniter 3.

Yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :

Step 1 : Anda memerlukan class ssp.class.php. Pada kesempatan ini, saya telah sedikit memodifikasi class tersebut dan menjadikan nya library codeigniter. Anda bisa mendownload library tersebut di sini dan letakkan dalam folder “application/libraries/”.

Step 2 : Membuat controller. Berikut ini adalah kode untuk controllernya.

Step 3 : Kita buat viewnya. Pada kesempatan ini saya tidak lagi menjelaskan detail javasciprt dari datatablesnya. Anda bisa membaca penjelasanya di artikel sebelumnya. Karena memang pada prinsipnya tidak ada yang membedakan dengan cara prosedural. Hanya pemanggilan datanya saja yang sedikit berbeda.

Untuk serverside datatables, kita tidak lagi memerlukan model. Data diambil dengan mendefinisikan koneksi dan table di controller.

Selesai.

Jalakan melalui browser dan lihatlah hasilnya. Pada screenshot di atas saya menampilkan data sejumlah 76 ribuan dengan lancar tanpa lag.

Jangan lupa dishare dan di like ya. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com.