Menampilkan serverside datatables

Menampilkan serverside datatables

1536
9
SHARE

Setelah kita membahas cara menampilkan datatables secara clientside dan dengan ajax, kini tiba giliran kita menampilkan datatables dengan serverside.

Serverside datatables merupakan cara yang paling ampuh untuk menampilkan data yang berjumlah besar. Bila data anda berjumlah puluhan ribu baris, sangat disarankan menggunakan serverside datatables.

Untuk membuat serverside datatables cukup mudah, berikut ini adalah langkah -langkahnya :

Catatan : Saya asumsikan anda telah memiliki tabel provinsi yang sebelumnya digunakan dalam ajax datatable. (anda bisa mendownloadnya di akhir artikel ini)

Step 1 : Anda memerlukan file serverside processing yaitu ssp.class.php (anda bisa mendownloadnya di akhir artikel ini).

Step 2 : Buatlah file index.php dengan kode sebagai berikut.

Step 3 : Buatlah file ajax bernama provinsi.php dengan kode sebagai berikut. File ini berfungsi menangani permintaan data secara serverside. Anda harus menincludekan file ssp.class.php dalam file ini. Anda juga harus mengatur koneksi database pada file ini.

Selesai.

Jalankan index.php dan lihatlah hasilnya. Berikut ini adalah link demo dan download.

DEMO | DOWNLOAD

Pada artikel berikutnya kita akan menambahkan nomor urut pada serverside datatables. Jangan lupa di like dan dishare ya. Terima kasih telah berkungjung ke harviacode.com

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

9 COMMENTS

  1. Bagaiamana jika querynya berelasi tabel2nya ? misal saya punya $this->db->query(“select a.*,b.nama from pegawai a, perusahaan b where a.id=b.id) ?

    • nah itu memang menjadi masalah karena datatabel belum menyediakan ruang untuk custom query. di dokumentasi di jelaskan bahwa untuk custom query memang harus membuat class sendiri dan agak ribet. saya sarankan lebih baik menggunkan PHP GRID sebagai pengganti datatabel. PHP GRID berbayar namun fiturnya jauh lebih lengkap dari pada datatable yang free.

  2. Sebelumnya saya ucapin terima kasih om udah share tutorial ini, sangat bermanfaat buat saya pribadi..
    Ada sedikit pertanyaan nih om, kalau misalkan ingin menambahkan kolom untuk button Edit/Delete itu bagaimana yah?, saya udah coba2 tapi gak bisa2 error terus, barang kali bisa bantu om,
    Source code copas di Pastebin : http://pastebin.com/gAMy2T3x
    Terima Kasih om, ditunggu jawaban nya…

  3. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas share tutorial nya, sangat bermanfaat buat saya, namun saya mohon bantuan bagaimana menampilkan data MS SQL Server ke datatables.

LEAVE A REPLY