Setelah kita membahas cara menampilkan datatables secara clientside dan dengan ajax, kini tiba giliran kita menampilkan datatables dengan serverside.

Serverside datatables merupakan cara yang paling ampuh untuk menampilkan data yang berjumlah besar. Bila data anda berjumlah puluhan ribu baris, sangat disarankan menggunakan serverside datatables.

Untuk membuat serverside datatables cukup mudah, berikut ini adalah langkah -langkahnya :

Catatan : Saya asumsikan anda telah memiliki tabel provinsi yang sebelumnya digunakan dalam ajax datatable. (anda bisa mendownloadnya di akhir artikel ini)

Step 1 : Anda memerlukan file serverside processing yaitu ssp.class.php (anda bisa mendownloadnya di akhir artikel ini).

Step 2 : Buatlah file index.php dengan kode sebagai berikut.

Step 3 : Buatlah file ajax bernama provinsi.php dengan kode sebagai berikut. File ini berfungsi menangani permintaan data secara serverside. Anda harus menincludekan file ssp.class.php dalam file ini. Anda juga harus mengatur koneksi database pada file ini.

Selesai.

Jalankan index.php dan lihatlah hasilnya. Berikut ini adalah link demo dan download.

DEMO | DOWNLOAD

Pada artikel berikutnya kita akan menambahkan nomor urut pada serverside datatables. Jangan lupa di like dan dishare ya. Terima kasih telah berkungjung ke harviacode.com