Cara membuat upload dan validasi pada Codeigniter 3

Cara membuat upload dan validasi pada Codeigniter 3

2475
4
SHARE

Halo sahabat, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara upload dan validasi pada Codeigniter 3.

Mungkin bagi anda sangat mudah untuk membuat form upload dan melakukan proses upload pada Codeigniter. Namun apabila pada form tersebut memliki input lain, seperti judul misalnya, bagi sebagian orang masih agak kesulitan dalam menampilkan pesan error.

Pada contoh ini kita memiliki form dengan judul (input text) dan gambar (file). Keduanya required file. Pada proses validasi nya pertama kita akan mengecek apakah judul telah diisi, jika belum kita tampilkan pesan error. Kemudian baru kita akan mengecek file gambar.

Berikut ini adalah controller nya

Perhatikan pada fungsi index memiliki parameter error = null. Secara default nilai error adalah null. nilai error ini dikirimkan ke form. Karena saat pertama nilainya null maka tidak akan muncul pesan error pada form.

Pada fungsi proses, kita cek validasi judul, jika tidak terpenuhi, kita kembalikan ke fungsi index yang akan menampilkan form dan error judul.

Bila validasi judul lolos, kita cek validasi gambar. Jika proses upload gagal, kita ambil errornya dan kita kembali ke fungsi index dengan mengirimkan parameter error.sekarang error tidak lagi bernilai null dan error akan ditampilkan ke form.

Berikut ini adalah viewnya

Tidak ada yang spesial di view ini, hanya form multipart dan pemanggilan form_error untuk judul dan variabel error untuk error gambar.

Mudah bukan, selamat mencoba. Mohon di share bila bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com. 🙂

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY