Cara mengetahui kamera yang digunakan dengan PHP

Cara mengetahui kamera yang digunakan dengan PHP

485
0
SHARE

Masih seputar upload gambar, seperti kita tahu bahwa codeigniter menyediakan informasi tentang gambar yang kita upload dengan cukup lengkap.

Agar lebih maksimal dalam informasi gambar atau foto yang kita upload, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengetahui merk dan model kamera apa yang digunakan untuk mengambil foto yang diupload. Tidak hanya merk dan model kamera, namun juga metadata lain dari foto tersebut seperti iso, tanggal pengambilan gambar, apeture dan exposure.

Kita akan menggunakan controller dan view pada artikel sebelumnya, tetapi tentu saja kita lakukan sedikit modifikasi. Prosesnya yaitu kita akan mengupload gambar. Jika gambar berhasil diupload, kita akan membaca metadata dari gambar tersebut dengan fungsi di bawah ini.

Pertama kita pelu membuat fungsi untuk mengambil metadata gambar yang diupload. Berikut ini adalah fungsinya.

Note : Saya mendapatkan fungsi tersebut dari internet sekitar 6 tahun yang lalu, saya coba mencari sumbernya namun tidak menemukannya. Jadi mohon maaf saya tidak dapat mencantumkan sumbernya. Fungsi tersebut telah saya jadikan helper agar mudah digunakan pada Codeigniter. Jadi yang perlu anda lakukan adalah buatlah file bernama camera_helper.php, masukkan kode diatas dan simpan pada folder application/helpers/.

Berikutnya modifikasi controller pada baris 46 sampai braket penutupnya menjadi seperti berikut ini.

Cobalah upload gambar yang berasal dari kamera (bukan hasil olah digital). Maka anda akan mendapatkan informasi tentang kamera yang digunakan.

Berikut ini adalah screenshot nya. Kamera NIKON D5100 dan informasi lain dari kamera.

mengetahui kamera yang digunakan

Mudah bukan. Oia, fungsi ini bisa dipakai di PHP native juga. Jadi selamat menikmati, jangan lupa di like dan di share bila bermanfaat. Terima kasih. 😀

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY