Membuat thumbnail dengan Codeigniter 3

Membuat thumbnail dengan Codeigniter 3

1091
0
SHARE

Kita kupas lagi tentang upload gambar. Kali ini kita akan menggunakan Image Manipulation class dari Codeigniter 3. Dengan Image Manipulation class ini kita bisa melakukan resize gambar, membuat thumbnail, crop gambar, rotate gambar dan watermarking.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tentang bagaimanan membuat thumbnail dengan Image Manipulation class Codeigniter 3. Bila kita pernah membuat galery tentu kita akan mengupload gambar. Jika kita menampilkan gambar asli yang berukuran besar pada icon icon gambar di galery, load halaman akan berat karena ukuran gambar yang besar. Solusinya kita akan membuat thumbnail. Bila thumbnail tersebut di klik maka baru akan di load gambar aslinya.

Disini saya hanya akan membahas tentang pembuatan thumbnailnya. Untuk galeri, kita akan bahas pada kesempatan lainnya. Masih menggunakan file latihan kita kemarin. kita hanya melakukan modifikasi pada controller. Ubahlah baris 46 sampai braket penutupnya dengan kode berikut ini.

Jalankan kembali upload melalui browser. Maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.

membuat thumbnail dengan codeigniter
Pada screenshot diatas kita memiliki dua gambar yang sama namun beda ukuran. Gambar yang kecil merupakan hasil pembuatan thumbnail yang tadi kita lakukan. Kita bisa menampilkan thumbnail tersebut di halaman utama galery agar load halaman lebih cepat.Bila anda buka di folder upload anda akan menemukan 2 gambar meskipun kita upload hanya 1 kali.

Mudah bukan, selamat mencoba. Bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY