Membuat upload gambar tidak required pada Codeigniter 3

Membuat upload gambar tidak required pada Codeigniter 3

1137
4
SHARE

Kita kupas satu persatu tentang upload dengan codeigniter. Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat input upload menjadi tidak required.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada contoh upload dengan codeigniter didokumentasinya, field upload gambar merupakan field yang required. Artinya tidak boleh kosong.

Kemudian pertanyaan bagaimana bila kita menghendaki field tersebut boleh kosong dan user tetap dapat mensubmit form. Contoh sederhana adalah pada halaman edit, dimana ada field nama dan field foto. Jika user hanya mengubah nama, maka file foto akan menggunakan file foto yang lama. Bila diupload file baru maka file foto akan terganti dengan yang baru.

Baik, langsung saja kita mulai, oia sebelumnya perlu kita ketahui tentang dasar upload error pada PHP. Berikut ini adalah kode upload error pada PHP.

0 => ‘There is no error, the file uploaded with success’,
1 => ‘The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini’,
2 => ‘The uploaded file exceeds the MAX_FILE_SIZE directive that was specified in the HTML form’,
3 => ‘The uploaded file was only partially uploaded’,
4 => ‘No file was uploaded’,
6 => ‘Missing a temporary folder’,
7 => ‘Failed to write file to disk.’,
8 => ‘A PHP extension stopped the file upload.’,

Dengan memanfaatkan kode tersebut, kita bisa mengatur kapan field foto required atau tidak. Kita masih menggunakan file latihan kita kemarin. Ubahlah baris 46 sampai dengan braket penutupnya dengan kode berikut ini.

Jalankan kembali upload melalui browser. Coba submit form hanya dengan mengisi judul tanpa mengupload gambar. Maka form akan bisa tersubmit namun hanya memunculkan info judul saja. Bila anda isi gambar dan judul, maka judul dan data gambar akan muncul.

Screenshot tanpa gambar

upload tanpa gambar

Screenshot dengan gambar

upload dengan gambar

Jadi sekarang form upload kita tidak lagi mewajibkan field gambar untuk diisi. Mudah bukan, selamat mencoba. Bila ada pertanyaan tulis dikolom komentar. Jika bermanfaat mohon bantuannya untuk share dan like. Terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

4 COMMENTS

  1. wah ada yang lebih singkat rupanya

    ane kemarin bikin datanya dibuat null
    jadi seolah olah ada file yang diupload tapi nilainya kosong

    ternyata ada cara yang lebih ringkas

  2. saya menggunakan crud harviacode, tapi pusing langkah untuk masukan kedalam tempat admin y agn di buat juga oleh harviacode bisa bantu solusi

LEAVE A REPLY