Update Codeigniter CRUD Generator by Harviacode v 1.2

Update Codeigniter CRUD Generator by Harviacode v 1.2

1539
32
SHARE

Assalamualaikum sahabat semua, apa kabar? semoga selalu diberikan kesehatan sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Setelah cukup lama vakum menulis, kali ini saya membuat update pada codeigniter crud generator yang pernah saya buat sebelumnya. Apa yang baru pada versi 1.2 ini? Mari kita simak bersama sama.

crud generator 1-2.png

Berikut ini adalah penambahan pada versi 1.2

Custom target folder

 output folder

Dengan custom target folder kita bisa lebih leluasa mengatur kemana file hasil generate akan disimpan. Pada versi sebelumnya hasil generate akan langsung dituliskan di folder application CI. Dalam beberapa kasus hal tersebut cukup merepotkan, terlebih bila kita telah mengenerate file yang banyak. Solusinya yaitu kita buatkan folder sendiri guna menampung hasil generate. Setelah generate selesai anda bisa memindahkan file dengan copy paste ke folder masing-masing di dalam folder application.  Secara default target folder berada di folder application, anda bisa mengubahnya dengan mudah di harviacode/lib/config.php. Cukup hilangkan tanda komentar di depan target folder yang anda mau.

Export to excel and Word

 export excel word
Pada versi terbaru ini memungkinkan anda untuk menambahkan opsi expor excel pada hasil generate. Agar kode tetap ramping saya sengaja tidak meggunakan library tambahan untuk export excel. Kita hanya membuat beberapa fungsi yang akan dibuat di exportexcel_helper. Selanjutnya hanya controller yang akan membuat file excelnya.
export excel

Perlu menjadi perhatian bahwa hasil yang digenerate merupakan excel 2003, sehingga jumlah data terbatas sekitar 65ribu row. Untuk data yang lebih besar, fitur ini tidak direkomendasikan.  Mungkin pada kesempatan lain akan diupdate untuk data yang lebih besar.
export word
Sama dengan export excel di atas, export ke word juga tidak menggunakan library khusus. File akan dibuat dari view/table_html.php yang merupakan file html biasa. File ini akan dirender menjadi file word oleh controller.

Pada versi ini untuk export ke PDF sengaja saya pending mengingat library untuk membuat file PDF cukup besar yaitu sekitar 57MB :). Pada kesempatan berikutnya insya Allah segera diupdate untuk export ke PDF.

Demikianlah informasi mengenai update Codeigniter CRUD Generator by Harviacode, terima kasih, semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Terima kasih untuk like dan share artikel ini.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

32 COMMENTS

  1. mAKasih banget pak. saya coba Export ke Excel lancar jaya.
    tapi ke Ms Word ngak muncul data nya, ada warning ayak gini pak.
    statusA PHP Error was encountered
    Severity: Notice
    Message: Undefined variable: jabatan_data
    Filename: views/cf_jabatan_html.php
    Line Number: 30
    Backtrace:
    File: C:\xampp\htdocs\CI3\application\views\cf_jabatan_html.php
    Line: 30
    Function: _error_handler
    File: C:\xampp\htdocs\CI3\application\controllers\Jabatan.php
    Line: 256
    Function: view
    File: C:\xampp\htdocs\CI3\index.php
    Line: 292
    Function: require_once

    mohon solusinya pak 🙂

  2. gan, saya nyoba tp kok cm bisa nampilin tablenya aja ya? actionnya engga bisa. misal d click read gt langsung Object not Found. itu knp ya?

    • itu mas hartono udah saya tambahkan video cara menggunakannya. bila masih belum jelas, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar. terima kasih

    • thnks gan, ane gak pusing lisensi, silahkan di ambil sc nya, mw di utak atik gpp yg penting bukan buat komersil sama gak di hapus sumber aslinya. hehe

  3. mas..kenapa saat generate, tidak ada reaksi apa2 yah?
    saya sudah ikuti aturan mainnya…dan sudah coba berkali-kali..hasilnya tetep sama..

    mohon bantuannya mas… maklum baru belajar

    • hmmm sepertinya baru kali ini hehehe, coba lihat video tutorialnya di posting Codeigniter CRUD Generator sebelumnya gan. pastikan semua udah benar.

    • tinggal di tambahni di modelnya mas. misalnya $this->db->join(‘comments’, ‘comments.id = blogs.id’, ‘left’); terus di view nya di panggil deh mana field yg ingin ditampilkan.

LEAVE A REPLY