Ada pertanyaan menarik dari salah satu pengunjung harviacode terkait ekspor excel dengan menggunakan PHP. Pertanyaannya yaitu bagaimana caranya agar data yang di ekspor hanya data hasil query pencarian ?

Untuk menjawab hal tersebut, pertama kita akan membuat tabel yang dilengkapi dengan pencarian dan paginasi. Kita pernah membahas tentang cara membuat paginasi dengan pencarian di sini. Kali ini kita akan meng kombinasikan paginasi dan pencarian tersebut dengan ekspor excel.

Baiklah kita mulai. Untuk mengkombinasikan kedua kode tersebut sangatlah mudah. Logika nya adalah :

  • Kita akan membuat form pada tabel dengan paginasi.
  • Form tersebut berfungsi untuk mengirimkan variabel sql yang merupakan query yang digunakan untuk menampilkan data.
  • Variabel tersebut dikirim secara post.
  • Kemudian pada file export.php akan menangkap variabel sql tersebut dan menjalankan perintah export excel sesuai dengan sql yang dikirim.

Pada kesempatan ini kita tidak lagi membahas tentang paginasi maupun cara ekspor excelnya. Anda dapat membacanya pada link di atas. Kita hanya akan membahas bagaimana mengkombinasikan kedua kode tersebut.

Berikut ini adalah kode untuk file index.php. Kita menambahkan form pada baris 113.

Dan ini adalah export.php. kita menangkap variabel sql yang dikirim dari form (baris 10) dan mengeksekusi query tersebut (baris 13).

Selesai. Di bawah ini adalah link DEMO. Silahkan lakukan export data tanpa melakukan pencarian, kemudian ulangi namun dengan pencarian. Lihatlah perbedaannya.

DEMO | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com.