Mengenal Algoritma Google

Mengenal Algoritma Google

364
0
SHARE

Halo sahabat harviacode.com, setelah mengenal pengertian SEO, kali ini kita akan mengupas lebih dalam bagaimana google mengenali website website di internet. Dalam sistem kerjanya google menggunakan algoritma untuk mengenali seluruh halaman website yang ada di internet. Berikut ini adalah algoritma google.

Algoritma Google

1.    Google Panda

google panda

Google Panda berfungsi untuk menyeleksi konten yang unik. Algoritma ini dapat membedakan website mana yang memiliki konten yang unik dan mana yang tidak unik.

Apa yang dimaksud dengan konten yang unik ? Konten yang unik yaitu konten yang berbeda dari kebanyakan konten yang ada di Internet.  Untuk membuat konten yang unik, kita harus membuat artikel yang membahas suatu topik secara mendalam, selain itu usahakan konten tersebut tidak ditemukan pada halaman website lain yang ada di Internet.  Salah satu kunci untuk membuat artikel seperti ini adalah menulis sendiri artikel dengan gaya bahasa kita sendiri yang dilengkapi dengan foto yang merupakan hasil foto kita sendiri.

Google Panda sangat membenci duplicate konten. Hindari melakukan copy paste artikel dari halaman lain. Penggunaan gambar dari internet juga sebaiknya dihindari. Pada intinya pastikan konten anda unik dan original.

2.    Google Penguin

google penguin

Google penguin bertugas menilai kualitas website dari backlink website. Apa itu backlink? Backlink merupakan tautan antar website. Misalnya anda membagikan halaman artikel website A melalui website anda, maka website A akan mendapatkan backlink. Semakin banyak backlink berkualitas, maka website anda akan semakin baik.

Untuk meningkatkan backlink, kita harus rajin men share artikel yang kita buat. Bisa melalui media sosial atau dengan cara memberikan komentar atau menulis pada halaman website lain.  Pada umumnya kita bisa menambahkan alamat website saat kita memberikan komentar atau menulis artikel pada website lain. Semakin banyak kita menciptakan backlink maka akan semakin bagus.

3.    Google Hummingbird

google hummingbird

Selain melihat dua aspek pada Google Panda dan Google Penguin, Google Hummingbird melihat suatu website secara keseluruhan.  Google Hummingbird menyukai website yang menjadi rujukan para pengunjung. Misalnya Wikipedia. Wikipedia merupakan situs referensi yang banyak digunakan para pengguna internet, namun saat ini wikipedia sedang mendapatkan masalah dengan kualitas konten yang terkadang tidak valid.

Agar website kita bagus di mata Google Hummingbird, pastikan konten anda benar benar berkualitas dalam arti original, unik, memiliki banyak backlink dan yang paling penting bahasan pokok materinya mendalam.

4.    Goolge Mobilegeddon

google mobilegeddon

Seperti namanya algoritma goolge Mobilegeddon fokus pada kemampuan halaman website untuk menyesuaikan tampilan di layar perangkat mobile. Hal ini di kenal dengan namanya responsive design.

Untuk lolos algoritma ini pastika website anda menggunakan template yang resposive. Ucapkan selamat tinggal pada website yang tidak responsive. Google akan menghapus website yang tidak responsive dari hasil pencarian mereka. Pada saat google menerapakan algoritma ini, banyak pemilik website yang kaget melihat jumlah pengunjungnya turun dratis.

Untuk melihat apakah website anda mendukung responsive design anda bisa mengeceknya di sini https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ . Bila website anda tidak responsive segera ubah template anda.

Demikianlah algoritma algoritma google. Setelah memahami algoritma goolge bekerja, kini giliran kita membuat artikel yang disukai algoritma tersebut, tentu dengan dukungan SEO agar lebih maksimal.  Kita akan membahas lebih detail mengenai teknik SEO yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kunjungan halaman kita.
Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com. Jangan lupa di like dan di share ya. Terima kasih

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY