Pengertian SEO

Pengertian SEO

350
1
SHARE

Sudah lama banget tidak menulis. Harap maklum karena lagi super sibuk. Kali ini ini saya tidak akan membahas tentang kode. Tetapi saya akan membahas sesuau yang ringan namun sangat penting yaitu tentang pengertian SEO, tujuan mesin pecari dan kualitas konten dari suatu website.

Pengertian SEO

Tentu kira pernah bertanya, mengapa ada beberapa halaman website yang sangat ramai dikunjungi orang, namun ada beberapa pula yang sepi pengunjung. Website yang jelas jelas memiliki konten berkualitas bisa jadi jumlah pengunjungnya kalah jauh dengan website yang kontennya kurang bagus. Apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Salah satu yang mempengaruhi jumlah pengunjung tersebut adalah SEO. Beberapa wesbite memiliki SEO yang bagus sehingga jumlah pengunjung nya lebih banyak dari website lain.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik yang digunakan agar halaman website kita lebih dikenali oleh mesin pencari seperti Google, Bing dll. Teknik ini digunakan untuk menaikkan jumlah pengunjung ke halaman website. Lalu apa pentingnya memiliki jumlah pengunjung yang banyak? tentu para pemilik halaman di website menginginkan jumlah kunjungannya banyak. Hal ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri dan bisa menjadi peluang bagi pemilik website untuk mendapatkan uang dari website tersebut.

Tujuan mesin pencari

Untuk memahami SEO, kita akan memulai dari tujuan mesin pencari. Kita perlu mengetahui visi dan misi dari suatu mesin pencari. Salah satu visi mesin pencari seperti google adalah menyajikan informasi yang berkualitas, bermanfaat dan uptodate kepada para pengguna. Bila kita perhatikan google akan menampilkan website yang paling relevan dengan kata kunci pencarian kita. Sebagai contoh ketika kita masukkan kata kunci ‘codeigniter crud generator’, maka google menampilkan website2 yang relevan dengan kata kunci tersebut. Wesite yang menempati urutan nomor satu merupakan website yang paling relevan dengan kata kunci codeigniter crud generator.

pengertian seo

Bisa kita lihat bitbucket berada di urutan kedua. Website asli dari harviacode justru berada di urutan paling bawah, namun masih berada di halaman pertama. Terus terang selama ini saya tidak pernah memperhatikan SEO :v. Hal ini menunjukkan, di mata google, harviacode masih kalah relevan dengan website website diatasnya. Hal ini dikenal dengan kompetisi. Kita akan membahasnya pada artikel berikutnya.

Hasil pencarian google selalu dinamis. Maksudnya misalnya saat ini grocerycrud menemapati urutan pertama, belum tentu itu akan terjadi seterusnya. Bisa saja ‘ranking’ grocerycrud akan dikalahkan oleh website lain dan grocerycrud akan berada di urutan bawah pencarian google. Dari sini kita mulai bicara kualitas konten.

Kualitas konten

Ingat !, SEO saja tidak cukup. Ibarat kita berjualan, promosi kita besar besaran, pengunjung sampai antri untuk membeli produk kita, tetapi produk kita ternyata kualitasnya kurang bagus dan membuat orang kecewa. Jika sudah seperti itu, pengunjung tidak akan kembali lagi untuk penjualan berikutnya. Bahkan yang lebih parah, agen promosi kita tidak akan mau mempromosikan produk kita lagi karena kualitasnya tidak sama dengan yang dipromosikan.

Mesin pencaripun demikian. Google akan terus memantau kualitas website kita dan perilaku pengunjung terhadap website kita. Jika kualitasnya rendah maka google tidak segan segan menghilangkan website kita dari hasil pencarian. Alhasil jika kita melakukan pencarian, website kita akan turun dan bisa jadi berada dihalaman ke sekian dari pencarian google.

Dari sedikit penjelasan di atas, terdapat 2 hal yang mempengaruhi kunjungan website kita yaitu SEO dan kualitas konten. Masih banyak hal hal lain yang mempengaruhi jumlah kunjungan website kita. Kita akan membahas secara detail pada artikel berikutnya. Jadi tetap ikuti artikel ini ya.

Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com. Jangan lupa di share dan di like.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

1 COMMENT

LEAVE A REPLY