Membuat slug pada codeigniter

Membuat slug pada codeigniter

1633
9
SHARE

Halo sahabat harviacode, sudah lama banget tidak nulis. Kerjaan makin banyak aja soalnya. Hehe.. kali ini kita akan membahas tentang membuat slug pada codeigniter.
Sebelum lebih jauh, kita perlu tahu apa yang dimaksud dengan slug.

Penjelasan Slug

Bila kita melihat suatu artikel di website berita misalnya, kita akan melihat alamat URL seperti ini http:example.com/ini-judul-berita dan bukan http:example.com/3

slug codeigniter

Jadi yang menjadi alamat URL bukanlah ID berita melaikan judul berita dengan pemisah berupa tanda strip. Alamat tersebut akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari dibandingkan dengan hanya berupa ID. Hal ini sangat penting bila kita membuat website yang mengutamakan SEO.

Cara membuat slug pada Codeigniter

Untuk membuat slug sebenarnya sangat mudah. Pada prinsipnya slug tersebut akan menggantikan ID. jadi pertama kita perlu menambahkan kolom slug pada tabel berita kita. Kemudian membuat fungsi slug yang akan meng convert judul berita menjadi slug.

Untuk membuat fungsi slug, buatlah file slug_helper.php di dalam folder application/helper. Berikut ini adalah isi dari slug_helper.php tersebut

Cara memanggilnya sangat mudah. Anda cukup load helper slug tersebut di config/autoload.php

Setelah anda meload helper tersebut, anda langsung bisa menggunakannya seperti contoh berikut.

Pada contoh di atas, kita menambahkan fungsi slug sebelum menyimpan ke kelom slug_berita. Untuk form tidak perlu ditampilkan slugnya karena diambil langsung dari input judul_berita. jadi kita tambahkan judul berita ‘Ini adalah Judul Berita’ maka slug akan menjadi ‘ini-adalah-judul-berita’.

Untuk mencegah slug yang sama, anda perlu mengatur kolom tersebut menjadi unique atau anda bisa melakukan validasi. Misalnya untuk slug yang sudah ada dapat ditambahkan increment dibelakangnya.

Demikian cara singkat membuat slug yang akan meningkatkan skor SEO website anda. Semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan silahkan langsung tulis di kolom komentar ya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY