Beberapa waktu yang lalu saya membuat aplikasi kecil untuk menhitung jumlah jam lembur pegawai. Data untuk absen diambil dari mesin absen. Muncul pertanyaan bagaimana menentukan jam datang dan jam pulang bila format dari mesin absen adalah sebagai berikut.

absenmentah

Bisa kita lihat pada tabel diatas bahwa seorang pegawai bisa melakukan absen berkali kali pada hari yang sama. Yang kita inginkan yaitu hanya ada satu jam datang dan satu jam pulang pada satu tanggal. Untuk jam datang akan diambil dari jam yang paling pagi pada tanggal tersebut dan untuk jam pulang akan diambil jam yang paling sore pada tanggal tersebut. Bila tidak ada, maka diberikan nilai ‘-‘.

Yang perlu kita lakukan adalah membuat proses import dari excel ke mysql. Disini saya tidak akan menjelaskan kembali tentang bagaimana proses importnya karena kita sudah pernah membahasanya di sini. Setelah data masuk ke MYSQL, selanjutnya adalah kita akan membuat view table pada mysql dengan perintah sebagai berikut.

Dari hasil query tersebut akan muncul view pada MYSQL dengan tampilan sebagai berikut.

absenfinal

Selanjutnya yang dapat kita olah lebih lanjut hasil view tersebut dengan mudah. Selamat mencoba semoga bermanfaat. Terima kasih.