Memahami dasar htaccess

Memahami dasar htaccess

842
0
SHARE

Beberapa orang bilang htaccess merupakan mainan para ‘dewa’. Hmmm.. mungkin ada benarnya juga mengingat htaccess cukup sulit dipahami. Pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu mari kita mengenal htaccess agar tidak lagi menjadi hal yang menakutkan untuk dipelajari.

Memahami dasar .htaccess

htaccesshtaccess merupakan file khusus. file htaccess merupakan file hidden yang diawali dengan tanda titik (.htaccess). Fungsi dari htaccess sendiri sangat banyak, tp secara umum digunakan untuk memodifikasi pengaturan pada server. Salah satu fungsi htaccess yang banyak dipakai yaitu untuk mod rewrite url, yaitu menulis ulang format url agar terlihat makin cantik. Agar tidak terlalu luas, pada kesempatan ini, kita hanya akan fokus pada mod rewrite url.

Alamat url pada umumnya menggunakan querystring dengan format sebagai berikut :

http://domain.com/index.php?param1=value1&param2=value2

Kalo kita perhatikan tidak ada yang salah dengan alamat url tersebut, namun demikian mesin pencari seperti google tidak terlalu suka dengan alamat url yang mengandung querystring. Selain itu dengan alamat url seperti itu agak sulit diingat sehingga dibilang alamat url nya kurang cantik. Nah kita akan mencoba memodifikasi alamat url tersebut sehingga formatnya akan berubah menjadi seperti di bawah ini

http://domain.com/value1/value2

Untuk membuatnya saya telah membuat file index.php dengan kode sebagai berikut.

File index.php tersebut akan menangkap parameter halaman dan id dan menampilkannya pada browser. Sekarang jalankan file index.php tersebut melalui browser dan cobalah mengakses alamat berikut ini.

http://localhost/myweb/index.php?halaman=user&id=34

maka akan muncul Halaman : user dan id : 34

Bila kita mengakses alamat berikut

http://localhost/myweb/user/34

maka akan terjadi error 404 (not found) yang artinya halaman tidak ditemukan, karena memang dengan alamat url tersebut browser mengira kita akan mengakses folder myweb/user/34, sedangkan folder tersebut tidak ada.

Membuat file .htaccess

Untuk mengatasi hal tersebut kita akan menggunakan .htaccess. Langkah pertama yaitu buatlah file .htaccess dengan cara sebagai berikut :

  1. Buatlah file baru dengan notepad, namanya bebas apa aja.
  2. Buka kembali file tersebut dengan notepad, lalu pilih File->Save As
  3. Pada kolom Filename masukan .htaccess, dan pada Save as Type pilih All Files.

Sekarang anda telah membuat file .htaccess

Tuliskan kode berikut ini pada file .htaccess yang telah kita buat tadi.

Keterangan : Dalam .htaccess di atas, kita pertama menulis RewriteEngine on yang artinya mengaktifkan mode rewrite url. Kemudian RewriteCond yaitu kondisi url. %{REQUEST_URI} user artinya sama dengan http://localhost/myweb/user. Jika kondisinya demikian maka akan diarahkan ke rewrite rule user yaitu http://localhost/myweb/index.php?halaman=user.

Sekarang cobalah untuk mengakses alamat berikut

http://localhost/myweb/user

Maka akan muncul Halaman : user dan id : .Id masih kosong karena memang kita belum membuat rule untuk id, namun demikian kita telah berhasil menangkap variabel halaman.

Baik, sekarang kita tambahkan parameter id pada .htaccess. Ubahlah .htaccess menjadi seperti berikut ini

Keterangan : Kita menyisipkan 2 baris baru yaitu user/(.*), yang artinya user/ diikuti dengan sembarang karakter, maka akan diarahkan ke http://localhost/myweb/index.php?halaman=user&id= variabel pertama setelah tanda ‘/’ dibelakang user.

Sebagai contoh jika kita mengakses

http://localhost/myweb/user/33

maka akan muncul Halaman : user dan Id : 33

htaccess

Dengan demikian kita telah membuat url kita terlihat lebih cantik. Perlu menjadi catatan htaccess tidak akan bekerja ketika baris ke 3 dan ke 4 kita pindahkan ke paling bawah. Hal ini akan mengakibatkan proses pembacaan url menjadi salah. Jadi urutannya harus tetap seperti itu ya. Pertama akan dibaca dulu di belakang user ada parameter atau tidak, jika ada di redirect, jika tidak ada lanjut ke kondisi dibawahnya.

Jika anda hanya menghendaki id berupa angka maka anda tinggal mengubah (.*) menjasi ([0-9]+) yang artinya dari sembarang karakter menjadi numeric.

Demikianlah pembahasan tentang dasar .htaccess. Semoga bermanfaat bagi sahabat harviacode.com. Terima kasih atas kunjungan anda. Ditunggu komentarnya.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY