Mengubah form validasi Codeigniter menjadi bahasa Indonesia

Mengubah form validasi Codeigniter menjadi bahasa Indonesia

1758
0
SHARE

Form validation yang disediakan sangat membantu kita dalam memvalidasi form. Secara default, validasi yang disediakan Codeigniter dalam bahasa Inggris. Lalu bagaimana caranya mengubah validasi codeigniter menjadi bahasa Indonesia ? Berikut ini ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk mengubah validasi Codeigniter menjadi bahasa Indonesia.

form validation

1. Menggunakan form_validation_lang.php

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan dan merupakan cara yang paling ideal. Secara default kita tahu bahwa language default Codeigniter adalah english. Anda bisa saja membuat folder baru untuk bahasa indonesia. Namun demikian pada contoh ini kita tidak akan membuat folder bahasa baru, melainkan menempatkan form_validation_lang.php ke folder english. Berikut ini adalah langkah nya :

a. copy file system/language/english/form_validation_lang.php ke application/language/english/

b. buka application/language/english/form_validation_lang.php dan ubahlah pesan validasi menjadi bahasa indonesia. Misalnya dari ‘The {field} field is required.‘ menjadi ‘{field} wajib diisi.‘. Lakukan hal yang sama untuk pesan validasi lainnya.

Jalankan kembali validasi form anda dan kini validasi form anda telah berubah menjadi bahasa Indonesia.

Perhatian : JANGAN langsung mengubah form_validation_lang.php dalam folder system, mengingat sangat tidak dianjurkan melalukan perubahan apapun dalam folder system.

2. Menggunakan Pengaturan Pesan Error

Cara kedua ini lebih singkat, namun demikian bisa jadi akan lebih merepotkan saat maintenence kode di kemudian hari. Anda cukup menuliskan pesan error yang anda kehendaki dengan cara sebagai berikut

misalnya

Atau anda juga bisa menuliskannya dalam bentuk array pada rule seperti contoh berikut

Kelemahan dari cara diatas adalah anda harus mengatur bahasa untuk masing masing rule, sehingga kurang efektif. Namun demikian akan berguna ketika validasi yang kita lakukan unik dan tidak digunakan pada validasi lain.

Demikianlah cara mengubah validasi form Codeigniter menjadi bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com. Jangan lupa di like dan di share ya.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY