Halo sahabat…. Update Harviacode Codigniter CRUD Generator ke versi 1.3. Apa yang baru ? yuk langsung saja kita simak bersama.

Apa yang baru ?

1. Zero Config for database connection

Yup kini kita tidak perlu lagi mengatur koneksi database pada CRUD Generator kita, karena koneksi database akan langsung diambil dari file di application/config/database.php. update ini sekaligus mengakomodir banyaknya permintaan pengguna untuk menghilangkan pengaturan koneksi secara manual.

2. Fix bug searching

Ini merupakan hal yang sangat penting. Pada versi sebelumnya terdapat kesalah kode, sehingga pada saat melakukan pencarian dengan hasil lebih dari 1 halaman, maka pada halaman berikutnya keyword akan hilang sehingga hasil pencarian menjadi salah. Kami mohon maaf atas kesalahan ini, dan kami telah memperbaikinya pada versi ini.

Pencarian pada versi ini juga menggunakan query string, sehingga anda bisa lebih bebas jika ingin menambahkan parameter pencarian yang lain. Pada versi sebelumnya menggunakan path info sehingga sulit jika ingin menambahkan filter pencarian yang lain.


query string

Selain itu, untuk table yang pada versi sebelumnya menggunakan 2 method pada controller dan 4 method pada model. sekarang cukup 1 method pada controller dan 2 method pada model. Secara kode menjadi jauh lebih ringkas, namun lebih efektif.

3. Fix field name label

Pada versi ini nama label otomatis akan mengambil dari nama field table dan mengubahnya menjadi huruf besar di awal tiap kata serta underscore akan diganti dengan spasi. contoh : field table anda namanya ‘tanggal_lahir’, maka pada label akan muncul Tanggal Lahir. Hal ini akan sangat membantu kita agar tidak perlu lagi memperbaiki masing masing label pada form maupun header table. Jadi tips nya untuk penamaan field table gunakan format seperti tanggal_lahir tadi.


label

4. Select table

Yang ini banyak juga direquest para pengguna Harviacode CRUD Generator. Dengan ini kita tidak perlu mengetikkan nama table secara manual, cukup pilih dari dropdown saja. Kelebihannya tentu lebih mudah, namun hati-hati jangan salah pilih table ya, nanti file nya akan tertimpa dengan kode yang baru. hehehe


select table

5. Generate all table

Fitur ini bagi anda yang sedang dikejar kejar bos untuk menyelesaikan project. Cukup 1 tombol dan akan membuat CRUD untuk semua tabel dalam database. Bayangkan misalnya ada 10 tabel yang harus dibuat CRUD nya. Dengan ini cukup satu kali tekan dan selesai. Akan dibuat 10 file controller, 10 file model, dan 30 file views. Asik ngga tu.. hehehe


generate all table

6. Select target folder

Secara default hasil generate akan di letakkan dalam folder application. Anda bisa mengubahnya cukup dengan menekan tombol setting dan ubah target menjadi ke folder output. Dengan demikian hasil generate kode akan berada dalam folder output dan tidak mengganggu file2 anda yang sekarang ada dalam folder application.


target folder

7. Remove support for CI 2

Ini menjadi pilihan yang sulit ketika harus menghilangkan dukungan untuk Codeigniter v2. Tetapi pada akhirnya ini yang dipilih karena Codeigniter V. 4 akan dirilis, masak masih bertahan di versi 2 hehe.

Selain beberapa update tersebut diatas, kami juga melakukan perombakan besar besaran pada bagian kode core dari harviacode CRUD Generator. Di antaranya adalah penggnnaan msqli, class, file cfg. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya kode yang sekarang akan terlihat lebih rapi. Mungkin hal ini tidak akan terlihat karena kita tidak perlu bongkar2 file core dari harviacode crud generator untuk menggunakannya.

Cara penggunaan harviacode CRUD Generator 1.3

Secara umum masih sama dengan penggunaan versi sebelumnya, hanya saja tidak ada lagi seting koneksi ke database secara manual dan tidak perlu mengetik nama table.


harviacode crud generator 1 3

1. Letakkan folder harviacode, folder asset dan file htaccess ke dalam root Codeigniter anda.
2. Sesuaikan autoload.php, config.php dan database.php di folder application/config.
3. Buka http://localhost/namaprojectanda/harviacode/index.php
4. Pilih tabel, generate.
5. Buka http://localhost/namaprojectanda/namacontrolleranda

DOWNLOAD HARVIACODE CRUD GENERATOR V 1.3

Terima kasih telah like fanspage harviacode di facebook. Ya demikianlah update Harviacode CRUD Generator versi 1.3. Bila ada pertanyaan, saran kritik jangan ragu tulis saja di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat bagi sahabat harviacode.com. Terima kasih.