Membuat text editor menggunakan PHP

Membuat text editor menggunakan PHP

982
1
SHARE

Membuat text editor menggunakan PHP. Setelah pada kesempatan sebelumnya kita mempelajari tentang bagaimana penanganan file menggunakan PHP, sekarang kita bisa coba membuat text editor menggunakan PHP.

Text editor ini sangat sederahana yaitu, kita akan membuat suatu tampilan halaman yang mana memiliki tombol browse file untuk mencari file yang akan diedit, dan juga textarea untuk melakukan edit yang dilengkapi dengan tombol simpan untuk menyimpan perubahan data.

Membuat text editor menggunakan PHP.

Baik, langsung saja kita membuat text_editor.php dengan kode sebagai berikut ;

Prinsip kerja kode diatas sangat sederhana, yaitu ketika kita melakukan browse dan buka file, maka akan dilakukan pembacaan file yang kemudian isi file tersebut ditampilkan dalam textarea.

Selanjutnya jika kita melakukan perubahan dan klik tombol simpan, maka akan dilakukan penulisan pada file yang sama dengan isi data yang baru. Dan tersimpanlah text yang tadi kita input pada textarea. Cukup mudah bukan. Anda dapat mengembangkan lebih lanjut sesuai kreatifitas Anda. Oia, anda tidak hanya dapat mengubah file .txt namun juga file .php, .html dan sebagainya.

Berikut ini adalah screenshot dari kode di atas.

Sebelum memilih file
Sebelum memilih file

 

text editor menggunakan php 1
membaca isi file

 

text editor menggunakan php 2
mengubah, menyimpan dan membuka kembali file yang telah diedit

Sangat mudah bukan, selamat mencoba, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Anda ke harviacode.com. Jangan ragu untuk berkomentar ya…

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

1 COMMENT

LEAVE A REPLY